PB HMI Minta, Pemerintah Tidak Salah Gunakan Dana Haji

0
23
JAKARTA, MediaGaruda.Co.Id – Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) minta pengelolaan keuangan haji milik jamaah yang batal diberangkatkan selama dua tahun terakhir, agar tidak disalahgunakan.
Publik berhak khawatir dengan manajemen keuangan haji masyarakat yang tidak pernah dibuka datanya selama ini.
“Pemerintah sebaiknya memberikan klarifikasi secara jelas dan akuntabel terkait keuangan yang tidak sedikit jumlahnya ini,” ungkap Ketua Bidang Pemberdayaan Umat PB HMI Ali Zakiyuddin di Jakarta pada Minggu (06/06/2021).
Menurutnya selain mengakibatkan penumpukan jumlah jamaah selama periode pandemi Covid-19 ini, kekhawatiran lain terhadap praktek mal administrasi.
“Apalagi diduga sudah bermunculan wacana penggunaan dana haji pada agenda pemerintah oleh beberapa pihak, sehingga bisa menimbulkan keraguan publik terhadap Pemerintah,”egas Ali.
Jika toh harus dialihkan pada agenda lain, maka Pemerintah perlu terlebih dahulu menyatakan kondisi darurat keuangan negara sebagai alasan digunakannya dana haji tesebut.
“Tetapi jika APBN masih dalam situasi yang tidak darurat, maka wacana penggunaan dana haji menjadi tidak relavan dan tidak afdhal (utama) adanya,”ujar Ali.
Sebagaima diketahui Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI menyampaikan bahwa pelaksanaan ibadah haji 1442 Hijriah/2021 Masehi dibatalkan.
Keputusan ini disampaikan oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers yang disiarkan secara daring pada Kamis (3/6/2021). (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here