Gerakan MWC NU Setu, Bantu Korban Banjir di Mustikagrande Dapat Respon Positif Warga

0
739
BEKASI,MediaGaruda.Co.Id – Gerak cepat para pengurus Majelis Wilayah Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Setu, Pimpinan Ustadz Subhan Tanjung dan jajarannya memberikan donasi untuk korban banjir di Perumahan Mustika Grande dan sekitarnya, pada Sabtu (20/02/2021) kemarin mendapat respon positif kaum Nahdliyin setempat. 

 

Warga Nahdliyin dan para tokoh Nahdliyin Desa Burangkeng yang di minta komentarnya oleh MediaGaruda.Co.Id umumnya mengaku bangga dengan gerakan Nahdlatul Ulama (NU) wilayah Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi sebagai ormas terbesar Nasional & Tingkat Dunia, yang hadir di Perumahan Mustikagrande, Bekasi kemarin itu.

Sebagaimana diketahui sejak Sabtu tanggal 20 Februari 2021 sekitarnya pukul 02.30wib dini dari tanggul Kali Burangkeng yang melintasi samping Perumahan Mustikagrande tepatnya di samping Mushollah Darussalam di RT 001 RW 13 Perumahan Mustikagrande jebol karena sudah tidak tahan menahan derasnya air.
Di samping itu tanggul Kali Burangkeng di samping Mushollah Darussalam RT 001 RW 13 Mustikagrande tersebut, ternyata selama ini dibangun swadaya warga setempat dengan bahan bangunan tanah merah dan pasir seadanya saja.
Sehingga kedepannya, juga perlu bantuan Pemerintah agar tanggul Kali Burangkeng dibangun lebih permanent, dengan bahan baku bangunan tanggul yang lebih kuat, seperti batu, semen dan cor, sehingga dapat menahan derasnya debit air Kali Burangkeng, saat musim hujan tiba.
Suara warga dan para tokoh Perumahan Mustikagrande yang berhasil direkam MediaGaruda.Co.Id tersebut diatas, juga berharap kedepannya Pemerintah Desa Burangkeng-pun, dapat membuka komunikasi sehat, di Perumahan ini. Caranya, dengan mendengarkan dan melibatkan pendapat para tokoh Perumahan Mustikagrande dari kalangan Nahdliyin, dalam merumuskan pembangunan lingkungan.
“Dan tidak seperti selama ini, cuma melibatkan pengurus RT dan RW saja, karena diduga diantara mereka itu, ada juga oknum-oknum yang tidak amanah,” kata warga yang minta namanya tidak ditulis.

Sebagaimana diberitakan MediaOnline CNN, bahwa Ketua Majelis Wilayah Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Setu, Ustadz Subhan Tanjung dan jajarannya memberikan donasi untuk korban banjir di Perumahan Mustika Grande Desa Setu, Kabupaten Bekasi, Sabtu (20/02/2021).

Sebagaimana diketahui sejak Sabtu tanggal 20 Februari 2021 pukul 02.30wib dini dari tanggul Kali Burang yang melintasi samping Perumahan Mustikagrande dan sekitarnya sudah diguyur hujan sejak malam hari sampai pagi menjelang siang. Hujan deras yang terus-menerus lebih dari 6 jam membuat volume air makin tinggi di sepanjang kali wilayah padat penduduk, Perumahan Mustika Grande. Alhasil saat pagi dini hari, sekitar pukul 02.00 pagi air sudah menggenangi jalan dan beberapa rumah warga.

Puncaknya disaat tanggul pembatas kali tak kuat lagi menahan derasnya laju air, terjadi banjir cukup parah di hampir semua Blok. Ketinggian air mencapai 1 meter sehingga praktis warga tak berdaya dan segera melakukan evakuasi. Kendaraan roda 2 dan 4 tak bisa melintas.

Sebagian besar warga memindahkan kendaraan mereka ke lokasi lain yang lebih tinggi. Warga pribumi pun begitu peduli membantu proses evakuasi tersebut.

Pengurus MWCNU Setu yang langsung dipimpin Ustadz Subhan Tanjung, sebagai ketua Tanfiziah bersikap tanggap atas tragedi ini. Segenap jajaran MWC NU Setu langsung terjun ke lapangan membawakan makanan pokok dan lainnya.
“Semoga air cepat surut dan tetap kuat menghadapi banjir. Berharap akan segera ada eksekusi dari pengembang atau pihak terkait untuk membuat tanggul permanen di sepanjang kali perumahan Mustika Grande” ungkap Ustadz Subhan.
Harapan yang sama juga terlontar dari sejumlah warga korban banjir. Mereka meminta pemerintah sigap dalam hal ini. Karena banjir ini hampir sering terjadi manakala musim penghujan tiba.
(CNN/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here