Normalisasi Kali Burangkeng Mendesak Dilakukan, Agar Perumahan Mustikagrande Bebas Banjir 

0
79

BEKASI, MediaGaruda.Co.Id – Tindakan normalisasi Kali Burangkeng, sebagai saluran pembuangan utama air Desa Burangkeng yang selama ini mengalir dari wilayah Cilengsi Bogor, melewati Desa Burangkeng.

Menuju Desa Cijengkol, Kecamatan Setu, terus melewati Kelurahan Cimuning, Mustikajaya, Kota Bekasi selanjutnya mengalir ke Tambun Selatan mendesak segera dilakukan.
Hal tersebut penting, karena salah Satu pengembang Perumahan yang berlokasi di Kelurahan Cimuning, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi, diduga telah menyulap Lebar Kali Burangkeng yang awalnya seminar 6 meter sampai 7 meter menjadi selokan dalam bentuk gorong-gorong yang hanya 1 meter sampai 2 meter saja.
Tokoh Desa Burangkeng Mochamad Hatta mengaku dulu saat Perumahan tersebut awal dibangun, dimana dirinya saat ini menjabat sebagai salah satu Kepala Dusun (Kadus) Desa Burangkeng, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi.
Sempat menyatakan  protes atas dugaan tindakan nakal pengembang Perumahan yang berada di Kelurahan Cimuning, Mustikajaya, Kota Bekasi tersebut.
“Saat ini kurang mendapat dukungan dan warga pun saat itu juga tidak memikirkan dampak lingkungan banjir, seperti yang saat ini dirasakan warga Perumahan Mustikagrande.
” Tolong Walikota Bekasi datang ke Perumahan yang berada di Desa Cimuning itu, dan melihat Kali Burangkeng yang kini berubah menjadi gorong-gorong, serta segera memerintahkan Pengembang Perumahan itu agar segera membongkar gorong-gorong itu. Karena awalnya itu adalah Kali Burangkeng. Sehingga gorong-gorong itu kembali menjadi bagian dari Kali Burangkeng, sebagai aset negara yang selama ini dikelola dibawah Dinas Pertanian/Pengairan Kabupaten dan Kota Bekasi, kembali berfungsi seperti semula, dalam bentuk Kali Burangkeng  dan bukan sekedar gorong-gorong,”kata Hatta.
Dia juga mengaku pernah menyatakan protes terbuka soal dugaan adanya para pengembang Perumahan nakal di wilayah Kota Bekasi itu dan diberitakan melalui, MediaGaruda.Co.Id ini juga tahun lalu.
Jejak digitalnya di MediaGaruda.Co.Id bisa dibuktikan,”kata Hatta yang selama ini, dikenal sebagai tokoh Desa Burangkeng, Setu, Bekasi yang peduli tentang pelestarian lingkungan.
Sebagaimana diketahui pada Sabtu tanggal 20 Februari 2021 sejak sekitar pukul 02.30wib dini hari Kali Burangkeng menguap dan membuat jebol tanggul Kali Burangkeng dan Perumahan Mustikagrande mengalami banjir parah sejak Perumahan ini dibangun.
Diduga salah watu penyebabnya adalah karena debit Kali Burangkeng tidak normal seperti saat dulu. Dimana salah penyebab lainnya adalah karena diduga Kali Burangkeng saat ini disulap menyempit menjadi gorong-gorong oleh pengembang Perumahan yang berlokasi di Kelurahan Cimuning, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi itu. (Red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here