“Sebagian Wilayah, 7 Kecamatan Kebanjiran”, Mahasiswa Minta Walikota Bekasi Jangan Tidur Lelap

0
31

BEKASI, MediaGaruda.Co.Id – Curah hujan tinggi yang mengguyur sebagain wilayah Kota Bekasi sejak pukul 01.50wib dini hari, hingga saat ini hujan masih berlangsung. Sehingga mengakibatkan sedikitnya 7 wilayah kecamatan, sebagian wilayahnya kebanjiran. Bahkan jika anda melewati Jalan Raya Hasibuan, Margahayu, Bekasi Timur Kota Bekasi. Saat ini kendaraan warga Perumahan Kartini diparkir di sepanjang jalan tersebut.

Selain warga Perumahan Legenda, Mustikasari, Mustikajaya juga sama, didepan Perumahan tersebut kendaraan roda empat warga juga diungsikan didepan Perumahan tersebut agar tidak kerendam air.

Perumahan Pondok Timur Indah, juga tampak air mulai menggenangi sebagian perumahan, yang masuk wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi tersebut.

Para mahasiswa Bekasi yang sejak dini hari juga melakukan pantauan lapangan bersama unsur terkait, menyampaikan informasi sedikitnya ada enam Kecamatan Kota Bekasi lainnya juga dilaporkan terjadi genangan air alias banjir.

Yakni Kecamatan Rawalumbu, Kecamatan Podokgede, Kecamatan Medan Satria, Kecamatan Bekasi Selatan, Kecamatan Bekasi Barat dan Kecamatan Jatiasih.

Berikut ini rincian data laporan banjir yang diterima BPBD Kota Bekasi:

1. Kecamatan Rawalumbu
– Perumahan PHP genangan 20-40cm
– Perum Bumi Bekasi Baru air kali sudah meluap ke jalan dari jembatan 7 dan 8 dan genangan 10 cm

2. Kecamatan Pondokgede
– Kelurahan Jatibening Perumahan Jatibening Permai ketinggian sekitar 60cm

3. Kecamatan Medan Satria
– Kelurahan Kalibaru genangan sekitar 30cm

4. Kecamatan Bekasi Selatan
– Kelurahan Jaka Setia Perumahan VJS genangan 10cm sampai 60cm
– Kelurahan Marga Jaya RW.05 genangan 20cm sampai 50cm

5. Kecamatan Bekasi Barat
– Kelurahan Bintara genangan Pondok Cipta Rt.01 s/d 07, RW.011 ketinggian 20cm sampai 30cm, kabar terkini telah meningkat menjadi sekitar 50cm dan Wilayah RT.03, 04, 05 / RW.015 genangan sekitar 50cm, dan sudah masuk kedalam rumah para warga. Wilayah RT.06/RW.06 genangan sekitar 50cm sampai 60cm
– Perumahan Duta Kranji genangan sekitar 40cm sampai 50cm
– Jaka Sampurna, Perumnassatu khusunya Jalan Mawar RW. 08 genangan sekitar 20cm

6. Kecamatan Jatiasih
– Perumahan Nasio Indah genangan sekitar 10cm
– Perum Sarigaperi ketinggian sekitar 1 meter

7. Keacamatan Mustikajaya,

– Perumahan Pondok Timur Indah

– Perumahan Legenda

 

Melihat persoalan banjir yang sebegitu luasnya yang bisa berdampak berbagai kesulitan warga Kota Bekasi.

Salah satu tokoh mahasiswa Kota Bekasi Yusril Nager, dari Universitas Mitra Karya (UMIKA) meminta agar Walikota Bekasi agar jangan tertidur lelap dan segera memberikan bantuan kebutuhan pokok kepada masyarakat yang terkena bencana banjir.

“Sebagaimana yang telah diamankan dalam UU No. 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, merujuk kepada undang-undang tersebut dinyatakan bahwa :

– Setiap orang berhak mendapatkan bantuan pemenuhan kebutuhan dasar.

– Memperoleh ganti kerugian karena terkena bencana yang disebabkan oleh kegagalan konstruksi. Pada Pasal 5 UU No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana disebutkan bahwa Pemerintah (Pusat).

“Presiden dan Pemerintah Daerah. Gubernur, Walikota maupun Bupati bersama-sama menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana baik dalam situasi sebelum bencana, ketika terdapat potensi bencana maupun tindakan yang harus segera setelah terjadi bencana,” tegas Yusril.

(MG-017/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here