Ps NU Pagar Nusa Bekasi Utara, Gelar UKT Perdana

0
60
BEKASI, MediaGaruda.Co.Id – Alhamdulillah,
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa (PN) Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi. Untuk yang pertama kali, menyelenggarakan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) di Perumahan Villa Indah Permai, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Minggu (27/12/2020).

KH.Ichwan Taufik selaku pembina Pagar Nusa Bekasi Utara kepada MediaGaruda.Co.Id menyatakan tujuan di adakan UKT perdana ini, sebagai upaya evaluasi hasil selama mengikuti latihan rutin yang diadakan setiap hari Rabu malam dan Minggu sore,

“selain itu penggemblengan dalam peningkatan mental, moral, spiritiual, dan ajang silaturahim para peserta,”ungkap Kiai Taufik.

Antusiasme dan minat masyarakat sekitar Bekasi Utara begitu besar, untuk mengikuti pelatihan pencak silat dalam upaya melestarikan budaya bangsa dengan nilai islami.

“Dengan segala keterbatasan kami-pun berupaya semaksimal mungkin melakukan penyempurnaan dalam hal pembinaan, peningkatan kualitas, dan kelengkapan fasilitas latihan,”ujar Kyai Taufik selaku pembina Pagar Nusa Bekasi Utara

UKT perdana ini diikuti 80 santri pencak yang bertempat tinggal tersebar dari beberapa kelurahan yang ada di bekasi Utara.

Ketertarikan para orang tua yang melibatkan anak-anaknya mengikut sertakan dalam pelatihan pencak Pagar Nusa inipun ada sebabnya, diantara alasanya pencak silat ini lahir di pondok pesantren yang dibidani oleh Para Kyai sepuh berlatar belakang pondok pesantren yang digawangi oleh KH. Maksum Jauhari Lirboyo,

“selain kedisiplinan selebihnya dalam pelatihan pencak PN ditanamkan nilai spiritiual, sebagai etika pesilat sebelum memulai latihan hendaknya berwudhu terlebih dahulu,”jelas Kiai Taufik

Selain belajar pencak silat didalamnya disisipkan pula materi ke-NU-an, aqidah ahlus sunah wal Jama’ah, pendidikan akhlaq etika kesantunan, dan tidak kalah pentingnya materi kebangsaan.

Sebab berbicara kebangsaan adalah perkara menarik di saat akhir-akhir ini banyaknya anak bangsa mengalami degradasi nilai kecintaan pada tanah air yang pelan-pelan sudah mulai tergerus rasa nasionalismenya.

Menganalisa berbagai upaya yang dilakukan oleh segelintir orang ataupun kelompok berupaya merongrong bangsa dengan melakukan berbagai propaganda jahat pada generasi penerus, oleh karenanya tidak ada alasan lain sejak dini dan remaja di tanamkan terus rasa kecintaan pada tanah air.

Santri pencak PN seluruhnya bagian dari anak-anaknya poro masyaikh NU, tentunya cucuran doa, serta keberkahan tercurahkan untuk mereka semua. Khidmat mereka jelas yaitu, pada ulama, agama, jam’iyyah NU, dan siap mengawal keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang pancasila dengan segenap jiwa raga.

“Hasil akhir dari kawah candradimuka UKT ini tiada lain yaitu, mencetak Pendekar-pendekar Pagar Nusa yang bermoral, religius, patriotis, dan nasionalis,” kata Kiai Taufik. (MG-018/Red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here