UMSK 2020 Kota/Kab Bekasi Ditanda Tangani Gubernur, Setelah Sebelumnya Massa BBM Mengancam Menginap & Melumpuhkan Bandung

0
257

BANDUNG, MediaGaruda.co.id – Memperjuangkan hak-hak buruh/pekerja Indonesia, termasuk memperjuangkan terbitnya SK UMSK (Upah Minimum Sektoral Kota/Kabupaten) tahun 2020 ini.

Ternyata untuk wilayah Provinsi Jawa Barat, tidak cukup dengan kegiatan rapat DEPEPROV Jabar dan lobby dengan menunjukkan dasar hukum bahwa UMSK tersebut sudah bisa ditanda tangani Gubernur.
Tetapi ternyata, juga perlu dengan berbagai tekanan dan gerakan massa yang banyak dan masif. Bahkan, kalau perlu dengan bentuk pressure aksi nyata.
Demikian hasil pantauan MediaGaruda.co.id, saat ribuan buruh Kota dan Kabupaten Bekasi dari gabungan 18 SP/SB, tergabung dalam wadah Buruh Bekasi Melawan (BBM)
 Pada aksi demo didepan Gedung Sate, Bandung, dari pukul 12.00wib sampai pukul 16.00wib Senin (29/9/2020) hari ini.
Bagaimana tidak, pada aksi demo yang sejak berlangsung sejak pukul 12.00wib siang yang awalnya berjalan lancar. Tiba tiba memasuki pukul 15.00wib sore, situasinya mulai memanas.
Pemicunya adalah karena orang-orang dekatnya Gubernur Jawa Barat diduga masih ingin mengulur-ulur dan memperlambat terbitnya SK-UMSK Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi.  Dengan berbagai alasan klasik yang tidak masuk akal.
Akibatnya aksi demo Buruh Bekasi Melawan (BBM) dari 18 SP/SB melalui para oratornya, menyatakan kemarahannya. Dengan mengancam akan menginap di Gedung Sate Bandung, dan juga akan melakukan aksi demo rusuh di depan Gedung Bandung.
Akhirnya sekitar pukul 16.00wib, melalui pengeras suara orator aksi demo BBM, mengunumkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil telah menanda tangani SK UMSK Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi tahun 2020.
Setelah sebelumnya juga telah ditanda tangani oleh Gubernur Jabar SK UMSK Kabupaten Purwakarta tahun 2020. Sementata itu, untuk SM UMSK Kabupaten Karawang 2020, harus bersabar karena masih akan dirapatkan oleh Dewan Pengupahan Provinsi (DEPEPROV) Jabar pada tanggal 2 Oktober 2020 besok.
Sabilar Rosyad, Ketua PD FSPMI Provinsi Jawa Barat, didampingi Ir.Mochamad Sidarta (Ketua PD SP LEM Provinsi Jawa Barat dan Sarino,SH MH (Ketua PC SP Logam Kota dan Kabupaten Bekasi) dan Guntoro (Bidang Propaganda Positif, DPC/PC KEP SPSI Bekasi) dari atas mobil Komando. Melalui pengeras suara, mengumumkan bahwa Gubernur Jabar Ridwan Kamil telah menanda tangani SK UMSK tahun 2020 untuk Kabupaten Bekasi Nomor 561/Kep-574-Yanbangsos/2020 tanggal 29 September 2020. Dan SK UMSK tahun 2020 untuk Kota Bekasi Nomor 5561/Kep-574-Yanbangsos/2020 tanggal 29 September 2020.
“Selain itu, kami atas nama Buruh Jawa Barat dan Bekasi, juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Direktur Intelkam Polda Jawa Barat. Bersama instansi terkait lain bersama seluruh jajarannya. Karena pada hari ini, telah membantu dengan nyata, jalannya aksi demo Buruh Bekasi Melawan (BBM) sejak awal, hingga selesai, lancar dan aman,”kata Sabilar Rosyad. (Red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here