LBH-RTMM Kirim Surat Somasi Kepada  Direktur PT. Kreasindo Jayatama Sukses

0
211
JAKARTA, MediaGaruda.co.id – Tim Lembaga Bantuan Hukum (LBH)
Rokok Tembakau Makanan dan Minuman (LBH-RTMM), Andri SH MH, Buyung Marizal,SH MH, Moh Subekhi SH. dan Belly Hatorangan,SH dalam kapsitasnya sebagai advokat dan Konsultan Hukum pada LBH-RTMM. Sebagai kuasa hukum dari kliennya, para pekerja anggota/pengurus PUK RTMM SPSI PT. Kreasindo Jayatama Sukses (KJS) berdasarkan Surat Kuasa Khusus No. 81/SK-LBH.RTMM/VII/2020 Tertanggal 21 Juli 2020. Telah mengirimkan surat somasi kepada kepada Direktur PT. Kreasindo Jayatama Sukses, Johanes Wardhana.
Demikian disampaikan oleh Pengacara
 Andri SH MH kepada Redaksi MediaGaruda.co.id, Kamis (6/8/2020) malam.
Pada surat somasi tersebut, pengacara
Andri SH MH, juga menjelaskan, bahwa sehubungan dengan pelaksanaan pembayaran Iuran Jaminan Hari Tua (JHT) kepada BPJS Ketenagakerjaan, yang mana dalam Pelaksanaan Pembayaran iuran Jaminan Hari Tua (JHT) telah diatur oleh Pasal 19 ayat (1) dan ayat (2) Undang Undang No. 24 Tahun 2011 tentang ”Badan Penyelenggara Jaminan Sosial” Jo Pasal 17 ayat (2) Pemerintah Nomor 46 Tahun
2015 Tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Hari Tua kewajiban saudara sebagai Pemberi kerja diwajibkan untuk membayar dan menyetor Iuran Jaminan hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan yang terdiri dari Upah Pokok dan Tunjangan tetap kepada BPJS secara utuh setiap bulannya Terkait hal tersebut dapat kami sampaikan bahwa :
1. Klien kami telah melaksanakan kewajibannya sebagai Pekerja sesuai dengan Perjanjian kerja yang sudah dituangkan didalam perjanjian kerja bersama.
2. Bahwa saudara diduga tidak melaksanakan kewajiban kepada klien kami dan seluruh pekerja PT. Kreasindo Jayatama Sukses untuk membayar dan menyetor Iuran Jaminan hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan yang terdiri dari Upah Pokok dan Tunjangan tetap kepada BPJS secara utuh setiap bulannya, sebagaimana diatur dalam Pasal 19 Ayat (1) dan (2) Undang Undang No. 24 Tahun 2011 tentang, ”Badan Penyelenggara Jaminan Sosial” Jo Pasal 17 ayat (2) Pemerintah Nomor 46 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Hari Tua sampai dengan surat somasi ini dibuat dan ditanda tangani.
3. Bahwa dengan ini perlu kami ingatkan kepada sudara, telah diatur ketentuan Pidana dalam Undang Undang No. 24 Tahun 2011 tentang ”Badan Penyelenggara Jaminan Sosial”, Yakni : Pasal 55
“Pemberi kerja yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 19 ayat (1) atau ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 8 (delapan) tahun atau pidana denda paling banyak Rp. 1.000.000.000 (satu miliar rupiah) “.
4. Bahwa selanjutnya selain Undang Undang No. 24 Tahun 2011 tentang ”Badan Penyelenggara Jaminan Sosial” atas tindakan yang dilakukan oleh saudara sebagaimana dimaksud dalam surat somasi ini, telah menimbulkan dugaan tindak pidana pemalsuan dokumen sebagaimana dimaksud dalam Pasal 263 Kitab UndangUndang Hukum Pidana (KUHP) yakni :
Pasal 263 “Barang siapa membuat surat palsu atau memalsukan surat yang dapat menimbulkan sesuatu hak, perikatan atau pembebasan hutang, atau yang di peruntukkan sebagai bukti daripada sesuatu hal dengan maksud untuk memakai atau menyuruh orang lain memakai surat tersebut seolah-olah isinya benar dan tidak dipalsu, diancam jika pemakaian tersebut dapat menimbulkan kerugian, karena pemalsuan surat, dengan pidana penjara paling lama enam tahun”.
Berdasarkan hal-hal tersebut diatas, dengan ini kami memberikan “Surat Somasi” kepada saudara untuk :
1. Melaksanakan kewajiban saudara sebagai pemberi kerja untuk membayarkan kekurangan iuran JHT BPJS Ketenagakerjaan kepada seluruh pekerja PT. Kreasindo Jayatama Sukses
2. Melaksanakan kewajiban saudara membayar upah dan THR yang Tertunda kepada pekerja dirumahkan
3. Membayar pesangon kepada seluruh pekerja yang di rumahkan sesuai dengan Peraturan perundangan-undangan ketenagakerjaan yang berlaku.
4. Bahwa kami dengan tegas meminta kepada sudara untuk segera  menyelesaikan kewajiban saudara kepada seluruh pekerja dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari kalender sejak tanggal diterimanya Somasi ini.
Apabila sampai dengan jangka waktu diatas saudara tidak menyelesaikan segala kewajiban saudara kepada seluruh pekerja yang dirumahkan, maka kami berkesimpulan saudara tidak ada itikad baik dalam menyelesaikan masalah ini.
Selanjutnya kami akan menempuh penyelesaian sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku dengan sangat menyesal kami akan menempuh jalur hukum baik secara Pidana maupun Perdata.
Rokok Tembakau Makanan dan Minuman, Andri, SH., MH. (ditanda tangani).
(Red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here