RUU Cipta Kerja – Klaster Ketenagakerjaan Bertentangan Dengan Pancasila dan UUD 1945

0
199

JAKARTA, MediaGaruda.co.id – Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad didampingi Supratman Andi Agtas, Ketua BALEG (Badan Legislasi) DPR RI dan sekaligus Ketua Panja RUU Cipta Kerja menerima GEKANAS (Gerakan Kesejahteraan Nasional) untuk beraudensi mengenai RUU Cipta Kerja – Klaster Ketenagakerjaan.

GEKANAS yang merupakan gabungan dari 12 Federasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh, Peneliti, Lembaga Bantuan Hukum dan Akademisi beserta tim Kajian GEKANAS memaparkan dan menjelaskan hasil kajian RUU Cipta Kerja – Klaster Ketenagakerjaan dalam bentuk DIM (Daftar Inventarisasi Masalah).

“Dari paparan tersebut, GEKANAS menyimpulkan bahwa RUU Cipta Kerja – Klaster Ketenagakerjaan bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945, serta Konvensi ILO dan perundang-undangan lainnya,” kata R.Abdullah, Presidium GEKANAS, didampingi Indra Munaswar, anggota Presidium GEKANAS, kepada Redaksi MediaGaruda.co.id, Rabu (29/7/2020) malam ini.

Dari dialog yang dilakukan dalam suasana hangat dan bersahabat, Sufmi Dasco Ahmad dan Supratman Andi Agtas yang keduanya berasal dari Fraksi Gerindra menyatakan bahwa Fraksi Gerindra siap menampung segala informasi dan masukan dari SP/SB terutama dari GEKANAS. Untuk itu, Fraksi Gerindra akan mengundang GEKANAS untuk melakukan update dan masukan tambahan.

Pada akhir pertemuan, GEKANAS secara simbolis menyerahkan DIM RUU Cipta Kerja – Klaster Ketenagakerjaan hasil kajian GEKANAS. Selain itu, atas permintaan Ketua Baleg DPR RI, Supratman Andi Agtas, GEKANAS juga menyerahkan soff copy Kompilasi Putusan Mahkamah Konstitusi Uji Materi UU Ketenagakerjaan, UU PPHI, UU SJSN dan UU BPJS. (Red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here