Sholat Idul Fitri Di Masjid Al-Bahkah Sumurbatu, Mengikuti Protokol Saat Pandemi Covid-19 di Kota Bekasi

0
136
BEKASI, MediaGaruda.co.id – Masjid Al-Barkah RW.06 Komplek PU Sapta Taruna IV Kelurahan Sumurbatu, Bantargebang, Kota Bekasi pada Minggu tanggal 24 Mei 2020 pagi ini. Melaksanakan Sholat Idul Fitri1441H/2020M  mengikuti Keputusan Bersama Walikota Bekasi, Kapolres Metro Bekasi Kota, Dandim 0507/Bekasi, Majelis Ulama Indobesia Kota Bekasi dan Dewan Masjid Indonesia Kota Bekasi. Nomot : 451.1/Kep.316-Kessos/V/2020, Nomor : B/200/V/2020, Nomor : 010/PD-DMI/SKB/V/2020, Nomor : 017/MUI-BKS/V/2020, Nomor : B/1260/V/2020 Tentang Penyelenggaraan Sholat Idul FitriI 1441 Hijriah, Saat Pandemi Covid-19 di Kota Bekasi.
Selain itu juga mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Dimana semua jamaah yang hadir wajib memakai masker, pada saat sampai didepan Masjid Al-Barkah semuanya wajib diperiksa suhu badan, setelah itu disemprot pakai hand sanitizer.
Dan tempat sholat dan duduk para jamaah sholat Idhul Fitri juga, tidak boleh berdekatan, dimana jarak antar jamaah sekitar satu meter.
Kegiatan sholat Idul Fitri dimulai sekitar pukul 06.30wib dengan diawali sebelum kegiatan sholat Ied, para jamaah mengumandangkan Takbir yang dipandu oleh  Ketua DKM Ustadz Suaji.
Pelayanan Protokol kesehatan yang dilakukan panitia Iedul Fitri Masjid Al-Barkah sesuai dengan aturan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Dibawah koordinator Wakil Ketua DKM Ustadz Bangun Widodo, seluruh panitia bergerak melayani jamaah sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.
Laporan panitia Idul Fitri DKM Masjid Al Barkah Ustadz Abdus Salam didampingi Ketua DKM Ustadz Suaji dan Wakil Ketua DKM Bangun Ustadz Widodo, menjelaskan tentang tata cara sholat idul fitri dan melaporkan zakat, infak dan shodaqoh (ZIS) yang masuk dan sudah dibagikan kepada yang berhak semuanya tadi malam.
Tampak hadir Ketua RW.06 Bapak Herman, bersama para tokoh masyarakat RW 06 Sumurbatu, dan Tim Pemantau dari Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi.
Sedangkan Imam dan Khotib Sholat Idul Fitri 1441H oleh Imam Besar Masjid Al Barkah Ustadz Achmad Zaeny Fadholi.
Khotib Idul Fitri 1441H, Ustadz Achmad Zaeny Fadholi dalam ceramahnya mengajak seluruh jamaah untuk selalu memanjatkan rasa shukur kepada Allah SWT, karena wilayah kelurahan Sumurbatu masuk zona hijau Covid-19.
Sehingga sholat Idul Fitri pagi ini bisa dilasanakan. Dan sholawat dan salam, juga agar selalu dicurakan kepada Baginda Nabi Muhamas SAW.
Selain itu, Khatib Idul Fitri juga mengajak kepada seluruh jamaah untuk selalu meningkatkan iman dan taqwa kapada Allah SWT, dengan cara menjalankan semua perintah Allah SWT dan meninggalkan semua larangan Allah SWT.
Ustadz Achmad Zaeny Fadholi menjelaskan bahwa sholat Idul Fitri saat pendemi virus coruna covid-19 seperti yang kita laksanakan sedemikian rupa pada pagi ini, memang sesuai ajaran Islam, sebagaimana hadist Nabi Muhamad SAW, bahwa kita sebagai umat muslim tidak boleh membahayakan orang lain.
Bahwa musibah covid-19 pada saat ini, bagi kita umat yang beriman adalah ujian. Hal tersebut, sesuai surat Al Baqarah ayat 155 sampai ayat 157,
Al Quran Surat Al Baqarah ayat 155
Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar,
Al Quran Surat Al Baqarah ayat 156
(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un” (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali).
Al Quran Surat Al Baqarah ayat 157
Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.
Karena itulah kata Ustadz Achmad Zaeny Fadholi, apapun kehendak Allah SWT, tentang musibah Covid-19 ini hendaknya kita terima dengan sabar, sambil kita terus ihtiyar dengan baik, agar kita diberi kemenangan dalam menghadapi musibah ini.
Dari musibah ini, kita hendaknya juga harus instruspeksi diri, tentang perilaku kita dan soal halalnya makanan yang kita makan selama ini.
Oleh karena  itu, mari kita tekadkan dalam diri kita, agar kita semua agar tetap tabah dalam menghadapi musibah ini.
Mari kita semua berdoa, agar musibah ini cepat berlalu dan agar kita bisa semua mampu memikulnya.
Selain juga agar musibah ini agar tidak menimpa anak cucu kita.[]
Ditulis Oleh : Margono.
(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here