Pemkab Bekasi Kurang Serius Tangani Wabah Coruna Covid-19

0
32

Ditulis Oleh : Surnata.

(Pengurus DPD Partai Gelora Kabupaten Bekasi)

Penyebaran Covid-19 yang begitu cepat, menjadi salah satu syarat untuk melakukan karantina kesehatan. Pemerintah pusat bersama pemerintah daerah memiliki tanggung jawab untuk melindungi masyarakat, melihat kasus ini begitu pesat penyebarannya. Jangan biarkan penyakit menular ini terus berkembang, hingga memakan banyak jiwa. Setiap harinya angka kasus ini terus bertambah, artinya kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah sebelumnya telah gagal dalam menangani Covid-19. Sistem Social Distancing yang sebelumnya beredar, karena himbauan dari pemerintah. Mengundang banyak kritik, kemudian di ganti menjadi Pyshical Distancing. Yang dilakukan pemerintah sama sekali tidak mengandung efek terputusnya penyebaran Covid-19, hanya simbolis yang berbeda – bukan mekanismenya.

Di Jawa Barat, Kabupaten Bekasi menjadi daerah terbesar atas penyebaran Covid-19. Terhitung sejak (14/03/20) sampai dengan (01/04/20), data yang dikeluarkan oleh Dinkes Kabupaten Bekasi yang tertulis di halaman dinkes.bekasikab.go.id bahwasanya Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada 782 orang, (561 dalam pemantauan sedangkan 221 selesai pemantauan) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 156 orang, (115 dalam pengawasan sedangkan 41 selesai pengawasan) serta kasus terkonfirmasi Covid-19, 23 kasus positif, 63 dirawat, 3 sembuh dan 4 meninggal. Melihat angka kasus ini semakin bertambah setiap harinya. Maka pemerintah Kabupaten Bekasi harus segera melakukan karantina wilayah sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018, supaya penyebarannya tidak meluas dan angka kasus ini tidak bertambah.

Kurangnya keseriusan pemerintah kabupaten Bekasi dalam menangani kasus ini, dapat dilihat dari angka kasus yang semakin meningkat setiap harinya. Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dibentuk oleh Bupati Bekasi, bekerja tidak efektif dalam pemutusan penularan Covid-19. Bupati Bekasi harus segera melakukan tindakan yang serius, efektif dan efisien untuk mengurangi dan mencegah penularan Covid-19. Karantina kesehatan harus segera di implementasikan, karena sudah mengancam ratusan nyawa pada kematian, kesehatan serta ekonomi masyarakat di Kabupaten Bekasi.[]

(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here