PMII : Guru SMAN 12 Langgar UU Perlindungan Anak

0
42
BEKASI, MediaGaruda.Co.Id – Merespon kejadian tindakan kekerasan oleh oknum guru SMA Negeri 12 Kota Bekasi yang videonya viral, Rabu (12/2/2020).
PC PMII Kota Bekasi angkat suara dan mengecam aksi kekerasan terhadap anak didik, yang dilindungi negara melalui UU Perlindungan Anak.
PC PMII Kota Bekasi juga  meminta agar Inspektorat Jawa Barat melakukan BAP pada pihak sekolah.
Selain itu, oknum guru yang melakukan pemukulan dan managemen sekolah juga dimita untuk di BAP dan di beri sanksi tegas kepada oknum guru yang bersangkutan berupa non job dari jabatannya di SMA Negeri 12 Kota Bekasi.
“PC PMII Kota Bekasi mendorong Inspektorat Provinsi Jawa Barat untuk melakukan BAP terhadap pihak sekolah, termasuk pelaku dan manajemen sekolah. Hal ini sebagaimana diatur dalam PP No. 53 tahun 2014 tentang Disiplin PNS, mengingat ada pelanggaran terhadap UU Perlindungan Anak,” Ujar Ade Lukman (Sekretaris Cabang PMII Kota Bekasi) dalam keterangan terulisnya, Kamis (13/2/2020).

Sebagaimana telah diberitan oleh beberapa media online dan cetak bahwa Guru SMAN 12 Bekasi berinisial I yang memukul anak muridnya karena terlambat telah dicopot dari jabatan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.

Sanksi diberikan oleh Dinas Pendidikan Jawa Barat terhadap I

Hal itu diungkap Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto saat berkunjung ke sekolah SMAN 12 Bekasi.

“Tentunya ada sanksi yang diberikan, sekolah akan mengambil sikap sesuai dengan stratanya. Nanti dari Kantor Cabang Dinas Pendidikan Jawa Barat melihat itu, respons dari provinsi sangat cepat, sanksinya dibebastugaskan,” ujar Tri saat ditemui di SMAN 12 Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Pihak sekolah pun telah mengetahui kabar itu. Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas Irna Tiqoh mengatakan, I sudah dinonaktifkan dari jabatannya.

“Beliau sudah dinonaktifkan sebagai kesiswaan sudah ada SK dari Jawa Barat, kan dia tugasnya sebagai wakil kesiswaan,” ucap dia.

Meski demikian, ia sampai saat ini masih berstatus guru dan pengajar di SMAN 12.

“Masih (guru dan mengajar), belum tahu kalau sanksi lanjutannya bagaimana,” tutur dia.

Sebelummya, siswa SMA Negeri 12 Bekasi dipukul oleh gurunya di tengah lapangan. Kejadian tersebut direkam dalam video yang kemudian viral di media sosial.(Red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here