Konferensi Pers Tamansari Melawan Geruduk Jakarta

0
123

JAKARTA, MediaGaruda.Co.Id –Aksi Warga Tamansari Geruduk Jakarta yang berlangsung dari hari senin tgl 13 januari 2020 yang kini hingga sekarang sudah memasuki hari ke 4 yang disambut hangat oleh beberapa kelompok masyarakat sipil seperti Buruh, Mahasiswa, dan Pelajar, serta kelompok warga yang berjuang melawan Penggusuran di berbagai titik seperti Kampung Pilar, FKPB Pekayon, KTP Kampung Poglar, warga kampung Dadap, dan warga Batu Ceper.

Aksi Geruduk Jakarta ini bukan hanya isu warga Tamansari saja melainkan titik konflik yang sama-sama senasib rumahnya terkena surat eksekusi lahan atau penggusuran yang ada di beberapa titik daerah.
Penggusuran secara paksa dan brutal yang dilakukan oleh Pemkot Bandung dan ribuan aparat, berdampak pada terhentinya pendidikan bagi anak-anak serta trauma akibat kekerasan yang dipertontonkan oleh aparat.

Mang Enjo salah satu warga Tamansari yang mengalami serangkaian tindakan kekerasan seperti ditangkap, dipukul, ditendang sampai dituduh sebagai provokator serta memukul alat vital mang enjo dengan tabung gas oksigen didalam mobil Ambulans sehingga sampai saat ini beliau tidak kuat untuk berjalan dan harus memakai kursi roda.

Pada tanggal 14 januari 2020 hingga sampai hari ini warga RW 11 Tamansari, Bandung menyampaikan pengaduan ke kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) di Jakarta. Pada pukul 00.00 dini hari 16 januari 2020, alat berat eskavator mendatangi lokasi reruntuhan di RW 11 Tamansari yang diparkirkan dekat dengan lokasi posko tempat tinggal Warga Pasca Penggusuran.

Adapun tuntutan-tuntutan Aksi Tamansari Geruduk Jakarta sebagai berikut :

1. Hentikan seluruh Aktivitas Pembangunan yang merampas Ruang Hidup dan Menghilangkan Hak-Hak warga negara.

2. Mendesak seluruh Lembaga Negara dan Kementerian untuk mengusut tuntas Pelanggaran-Pelanggaran yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung Beserta Jajarannya.

3. Mendesak seluruh lembaga pemgawas untuk melakukan pengusutan secara tuntas terhadap Brutalitas Aparat yang dilakukan dalam menggusur warga RW 11 tamansari.

4. Menuntut Pemerintah Kota Bandung untuk melakukan Pemulihan dan Rehabilitasi berupa hak untuk membangun kembali rumah dan bangunan akibat penggusuran paksa.

Adapun yang disampaikan salah satu warga yang mengatakan bila

“Warga berkomitmen baik warga Kampung Pilar, warga Batu Ceper, serta warga yang lainnya yang sama-sama dan senasib atas penggusuran ini untuk bersatu dan mengabarkan bahwa kalian tak sendiri karena warga bersatu tak bisa dikalahkan.”kata salah satu warga.

(MG-017/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here