Kerja Bhakti “Goloran” 2 Hari Warga Burangkeng dan Sumurbatu, Mampu Selesaikan Normalisasi Kali Burangkeng, Sepanjang 400 Meter

0
56

BEKASI, MediaGaruda.Co.Id – Kegiatan kerja bhakti atau “goloran” warga asli Desa Burangkeng dan Keluaran Sumurbatu pada Minggu tanggal 12 dan Senin tanggal 13 Januari 2020 berhasil membersihkan Kali Barangkeng sepanjang 400 meter, dengan rincian 300 meter Kali Burangkeng yang mengalir sepanjang TPA sampah Burangkeng, Desa Burangkeng, Setu, Kabupaten Bekasi dan 100 meter lagi yang mengalir sepanjang wilayah Kelurahan Sumurbatu, Bantargebang, Kota Bekasi.

“Kerja Bhakti tersebut dibantu alat berat 1 unit milik pengelola TPA sampah Burangkeng,”kata Mochamad Hatta, tokoh warga Desa Burangkeng dan mantan Kadus I Desa Burangkeng, Setu, Kabupaten Bekasi, kepada MediaGaruda.Co.Id, hari Rabu (15/1/2020) pagi ini.
“Sekarang ini tinggal tugas Dinas LH, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor, bagaimana agar Kali Burangkeng yang hulunya mengalir dari Gunung Kapur Cilengsi terus mengalir melalui Desa Rawaikik, Desa Pasir Angin, Desa Taman Rahayu, Kelurahan Sumurbatu, sampai Desa Burangkeng dan Desa Cicengkol dan Desa Lubang Buaya, Kabupaten Bekasi ini.
“Agar di bagian pinggir Kali, bagian tepi kiri dan kanannya sepanjang yang mengalir tersebut, supaya dapat dipasang batu turap, agar tidak terjadi longsor lagi, pada saat terjadi hujan deras seperti pada tanggal 1 Januari 2020 lalu,”harap Hatta.
Hal tersebut penting dilakukan, karena perbaikan kali tersebut adalah penyelesaian mendasar dari sedikit masalah banjir yang selama ini terjadi di berbagai perumahan di wilayah kecamatan Setu dan kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi,”ungkap Hatta.
Sebagaimana pernah diberitakan bahwa persoalan banjir yang menenggelamkan berbagai perumahan di wilayah Kecamatan Setu, Cikarang Barat dan Tambun Selatan pada tanggal 1 Januari 2020 lalu, adalah air kiriman dari Bogor yang mengalir sepanjang Kali Burangkeng.
Yang selama ini mengalir
dari hulunya dari Gunung Kapur Cilengsi Bogor, terus mengalir melalui Desa Rawaikik, Desa Pasir Angin (Wilayah Desa Kabupaten Bogor), Desa Taman Rahayu (wilayah Desa Kab Bekasi), Kelurahan Sumurbatu (wilayah kelurahan Kota Bekasi), sampai Desa Burangkeng dan Desa Cicengkol dan Desa Lubang Buaya, wilayah Kabupaten Bekasi ini.
(MG-022/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here