Kerja Bhakti Warga Bersihkan Kali Burangkeng

0
91

BEKASI, MediaGaruda.Co.Id – Kerja Bhakti atau bahasa asli warga Bekasi ‘Goloran’ yang dilakukan warga Desa Burangkeng bersama perangkat Desa Burangkeng, para tokoh masyarakat, Persatuan Pemuda dan Remaja Desa Burangkeng (PRABU) dan Karang Taruna Desa Burangkeng, pada Minggu (12/1/2020) pagi ini.

Dengan didukung 1 unit alat berat milik Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Bekasi diharapkan dapat sedikit memperlancar jalannya debit air dari wilayah Bogor yang mengalir ke wilayah kecamatan Setu, dan kecamatan Tambun Selatan.
Yang pada tahun baru tanggal 1 Januari 2020 lalu membuat banjir berbagai perumahan di wilayah Setu dan Tambun Selatan, seperti Perumahan Mustikagrande’, Perumahan Grand Residen dan perumahan lain lain.
Hasil pantauan MediaGaruda.Co.Id satu unit alat berat milik Dinas LH yang dikemudikan supir Winarto tersebut, saat ini sedang mengangkat lumpur dan tanah yang selama ini membuat  sungai / Kali Burangkeng mampet dan tersumbat, bahkan bisa disebut mati, karena selama ini tertimbun sampah longsor dan tidak dirawat oleh Dinas LH Kabupaten Bekasi.
Sebagaimana diketahui bahwa hulu sungai Burangkeng ini berada di Gunung Kapur Desa Kelapa Nunggal, Cilengsi, Bogor.
Dari hulunya di Desa Kelapa Nunggal, Batu Kapur, Cilengsi Bogor, mengalir melewati Perumahan Metro, Rawaikik, Desa Pasir Angin, Kp.Penyosokan, Desa Taman Rahayu Kp.Serang, DS Sumurbatu, Dan Burangkeng, Perumahan Mustikagrande’, Perumahan Grand Residen Ds Cijengkol, Ds Lubang Buaya Ciberem, Pekopen Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.
Mochamad Hatta tokoh masyarakat Desa Burangkeng berharap agar pihak Dinas LH Kabupaten Bogor dapat bekerjasama dengan pihak Dinas LH Kabupaten Bekasi dan Dinas LH Kota Bekasi agar air yang mengalir dari Gunung Kapur Cilengsi Bogor dapat lancar melewati wilayah  Setu dan seterusnya.
“Kepada pengelola TPA Burangkeng juga jangan tutup mata, melihat sampah longsor dan menutupi dan bahkan mematikan sungai / kali Burangkeng ini.
“Tanggung jawab dan kepedulian perlu ditunjukkan, sebab jika banjir besar kan yang menjadi korban banjir banyak warga perumahan karena lokasi rumahnya dibangun dilahan sawah sawah dulunya,”ungkap Hatta.
Selain itu warga Perumahan Mustikagrande’ pagi ini juga melakukan kerja bakti, membersihkan Kali Burangkeng yang mengalir melalui perumahan ini.
(MG-022/Red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here