Jelang Penurunan Bendera, Presiden Jokowi Sapa Tamu Undangan dan Masyarakat

JAKARTA, MediaGaruda.Co.Id – Saat para tamu undangan menunggu dimulainya upacara penurunan bendera negara Sang Merah Putih dengan dihibur penampilan marching band, pertunjukan kesenian, serta persembahan musik dari penyanyi Tulus, Presiden Joko Widodo beranjak keluar dari Istana Merdeka untuk menyapa masyarakat.

Didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Negara yang sore ini mengenakan setelan jas berwarna biru keluar menyusuri tangga di sisi barat Istana Merdeka. Selanjutnya, Presiden berjalan ke sisi lapangan dan turut menikmati penampilan musik yang saat itu sedang dilantunkan oleh Tulus.

Presiden, masih bersama Pratikno dan Pramono Anung, kemudian menyusuri sisi barat tenda untuk para tamu undangan dan menyapa para tamu undangan sambil sesekali melayani permintaan swafoto para tamu undangan.

Ia bahkan beranjak keluar dari kompleks Istana Kepresidenan untuk menyapa masyarakat yang berada di sekitar panggung aubade. Tampak sejumlah warga kegirangan saat melihat Presiden Joko Widodo mendekat ke arah mereka.

Di sekitar panggung tersebut, Presiden juga sempat menyalami penyanyi bernama lengkap Muhammad Tulus tersebut dan memintanya untuk masuk ke dalam area Istana Kepresidenan untuk menyaksikan langsung upacara penurunan Sang Merah Putih.

Suasana menjadi semakin heboh ketika Kepala Negara kembali memasuki Istana Kepresidenan melalui sisi timur. Para tamu undangan yang berada di panggung sisi tersebut langsung berkerumun dan mendekat ke arah Presiden.

Antusiasme masyarakat yang hadir membuat Pasukan Pengamanan Presiden sedikit memperketat penjagaan terhadap Presiden. Meski demikian, Presiden Joko Widodo masih melayani sejumlah permintaan tamu undangan untuk berjabat tangan dan berswafoto.

Kepala Negara lalu beranjak menuju mimbar kehormatan untuk bersiap sebagai Inspektur Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih.

Upacara Penurunan Bendera Merah Putih Berlangsung Khidmat

Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih yang sekaligus mengakhiri rangkaian Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia pada hari ini disaksikan oleh Presiden Joko Widodo dan berlangsung khidmat.

Tim Putih yang pada sore itu bertugas, menyerahkan kembali bendera Merah Putih kepada Presiden Joko Widodo di mimbar kehormatan. Upacara penurunan bendera berlangsung dengan khidmat dan tanpa kendala.

Kolonel Pasukan Ahmad Sunawar Sholikul Qodri, yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1997, bertindak selaku Komandan Upacara. Ia yang kelahiran Sragen, 3 Januari 1976, tersebut saat ini menjabat sebagai Asisten Operasi Kor Pasukan Khas Angkatan Udara.

Aisyah Rahmawati yang berasal dari Provinsi Bengkulu didapuk sebagai pembawa bendera yang diserahkan kembali kepada Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara.

Sementara itu, Kelompok 8 yang bertugas menurunkan bendera terdiri atas Muhammad Fany Nur Wibowo dari Provinsi Jawa Tengah sebagai Komandan Kelompok 8, Bagas Satria Wijaya dari Provinsi Lampung sebagai pembentang bendera, dan Zaini Fahmi dari Provinsi Kalimantan Tengah sebagai pengerek bendera. (MG 06)

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Redaksi

Portal Berita Online MediaGaruda.Co.Id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *