Agenda hari Ini Kunjungan Presiden Jokowi, di Malaysia

Presiden Jokowi Akan Disambut Upacara Resmi Sebelum Bertemu PM Mahathir

KUALA LUMPUR, MediaGaruda.Co.Id Mengawali kunjungan resminya ke Malaysia pagi ini, Jumat, 9 Agustus 2019, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan berkunjung ke Dataran Perdana, Putrajaya. Di sana, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana akan disambut dengan upacara penyambutan resmi.

Setelah upacara selesai, Presiden Jokowi bersama dengan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad akan menuju Perdana Putra Building. Sementara Ibu Iriana beserta Tun Siti Hasmah akan mengikuti rangkaian spouse program.

Bertempat di Ruang Pertemuan lantai 5, Perdana Putra Building, Presiden Jokowi dan PM Mahathir akan menggelar pertemuan untuk membahas sejumlah hal antara kedua negara.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi akan didampingi beberapa menteri Kabinet Kerja, yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Usai pertemuan, PM Mahathir beserta Tun Siti Hasmah akan menjamu Presiden Jokowi dan Ibu Iriana santap siang resmi. Acara tersebut akan digelar di Dining Hall, Seri Perdana, Putrajaya.

Presiden Jokowi dan PM Mahathir kemudian akan menuju Masjid Putra, Putrajaya, untuk melaksanakan ibadah salat Jumat berjemaah.

 

Tiba di Putrajaya, Presiden Jokowi Disambut Upacara Resmi

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo disambut dengan upacara penyambutan resmi setibanya di Putrajaya, Malaysia. Presiden dan delegasi tiba di Dataran Perdana, Putrajaya, Jumat pagi, 9 Agustus 2019, sekitar pukul 10.20 waktu setempat.

Kedatangan Presiden Jokowi itu disambut langsung oleh Perdana Menteri (PM) Mahathir Mohamad. Keduanya tampak bersalaman dengan hangat.

Prosesi upacara penyambutan resmi dimulai begitu Presiden Jokowi dan PM Mahathir tiba di mimbar kehormatan. Lagu kebangsaan “Indonesia Raya” kemudian dikumandangkan, diikuti dengan lagu kebangsaan Malaysia “Negaraku”.

Kedua pemimpin kemudian melakukan inspeksi jajar kehormatan didampingi oleh Komandan Pasukan Kehormatan. Selesai memeriksa jajar kehormatan, lagu kebangsaan kedua negara kembali dikumandangkan.

Selanjutnya, Wakil Kepala Protokol Negara Malaysia Fransisco Munis memperkenalkan delegasi Malaysia kepada Presiden Jokowi. Sebaliknya, Kepala Protokol Negara Indonesia Andri Hadi memperkenalkan delegasi Indonesia kepada PM Mahathir.

Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana dan PM Mahathir beserta Tun Siti Hasmah kemudian berfoto bersama di bawah tangga. Presiden Jokowi dan PM Mahathir juga sempat berbincang dan berfoto lagi dengan latar belakang Masjid Putra.

Setelah foto bersama, kedua pemimpin langsung menuju Perdana Putra Building untuk melakukan pertemuan bilateral. Sementara, Ibu Iriana dan Tun Siti Hasmah mengikuti rangkaian spouse program.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam upacara penyambutan resmi tersebut antara lain, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Rusdi Kirana. (MG 06)

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. Akom Temui Megawati Terkait Pergantian Ketua DPR 
  2. TB Hasanudin Mengaku Tak Ambisi Jadi Gubernur
  3. Menhub Pastikan Pengaturan Ganjil Genap di Tol Cikampek-Jakarta Berlaku Mulai 12 Maret
  4. Kunjungi Habib Luthfi, Kang Anton Dapat Wejangan Pimpin Jawa Barat
  5. PC RTMM SPSI Bekasi Resmi, Tolak Revisi UU 13/2003 Tentang Ketenagakerjaan
<