Agenda Presiden Jokowi, Saat Kunjungan ke Malaysia

0
32

Presiden Jokowi Akan Disambut Upacara Resmi Sebelum Bertemu PM Mahathir

Mengawali kunjungan resminya ke Malaysia pagi ini, Jumat, 9 Agustus 2019, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan berkunjung ke Dataran Perdana, Putrajaya. Di sana, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana akan disambut dengan upacara penyambutan resmi.

Setelah upacara selesai, Presiden Jokowi bersama dengan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad akan menuju Perdana Putra Building. Sementara Ibu Iriana beserta Tun Siti Hasmah akan mengikuti rangkaian spouse program.

Bertempat di Ruang Pertemuan lantai 5, Perdana Putra Building, Presiden Jokowi dan PM Mahathir akan menggelar pertemuan untuk membahas sejumlah hal antara kedua negara.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi akan didampingi beberapa menteri Kabinet Kerja, yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Usai pertemuan, PM Mahathir beserta Tun Siti Hasmah akan menjamu Presiden Jokowi dan Ibu Iriana santap siang resmi. Acara tersebut akan digelar di Dining Hall, Seri Perdana, Putrajaya.

Presiden Jokowi dan PM Mahathir kemudian akan menuju Masjid Putra, Putrajaya, untuk melaksanakan ibadah salat Jumat berjemaah.

 

Tiba di Putrajaya, Presiden Jokowi Disambut Upacara Resmi

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo disambut dengan upacara penyambutan resmi setibanya di Putrajaya, Malaysia. Presiden dan delegasi tiba di Dataran Perdana, Putrajaya, Jumat pagi, 9 Agustus 2019, sekitar pukul 10.20 waktu setempat.

Kedatangan Presiden Jokowi itu disambut langsung oleh Perdana Menteri (PM) Mahathir Mohamad. Keduanya tampak bersalaman dengan hangat.

Prosesi upacara penyambutan resmi dimulai begitu Presiden Jokowi dan PM Mahathir tiba di mimbar kehormatan. Lagu kebangsaan “Indonesia Raya” kemudian dikumandangkan, diikuti dengan lagu kebangsaan Malaysia “Negaraku”.

Kedua pemimpin kemudian melakukan inspeksi jajar kehormatan didampingi oleh Komandan Pasukan Kehormatan. Selesai memeriksa jajar kehormatan, lagu kebangsaan kedua negara kembali dikumandangkan.

Selanjutnya, Wakil Kepala Protokol Negara Malaysia Fransisco Munis memperkenalkan delegasi Malaysia kepada Presiden Jokowi. Sebaliknya, Kepala Protokol Negara Indonesia Andri Hadi memperkenalkan delegasi Indonesia kepada PM Mahathir.

Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana dan PM Mahathir beserta Tun Siti Hasmah kemudian berfoto bersama di bawah tangga. Presiden Jokowi dan PM Mahathir juga sempat berbincang dan berfoto lagi dengan latar belakang Masjid Putra.

Setelah foto bersama, kedua pemimpin langsung menuju Perdana Putra Building untuk melakukan pertemuan bilateral. Sementara, Ibu Iriana dan Tun Siti Hasmah mengikuti rangkaian spouse program.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam upacara penyambutan resmi tersebut antara lain, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Rusdi Kirana.

 

Saat Presiden Jokowi Naik Mobil yang Dikemudikan PM Mahathir

Ada cerita menarik dalam lawatan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo ke Malaysia hari ini, Jumat, 9 Agustus 2019. Seusai mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Mahathir Mohamad, Presiden Jokowi dijamu santap siang resmi.

Menariknya, dalam perjalanan dari ruang pertemuan di Perdana Putra Building, Putrajaya, menuju Dining Hall, Seri Perdana, Putrajaya, Presiden Jokowi menumpangi mobil yang dikemudikan sendiri oleh PM Mahathir.

Begitu keluar dari lift, Presiden Jokowi dan PM Mahathir langsung menuju mobil Proton Persona berwarna merah yang telah diparkir tepat di depan lift. PM Mahathir kemudian mempersilakan Presiden Jokowi untuk naik dan duduk di sebelah kursi kemudi. PM Mahathir sendiri langsung duduk di kursi kemudi.

Diiringi mobil dan motor pengawal, mobil yang ditumpangi kedua pemimpin pun melaju perlahan, diikuti rangkaian mobil lain di belakangnya. Rangkaian kendaraan terus melaju hingga tiba di Seri Perdana, Putrajaya.

Bukan Kali Pertama

Untuk diketahui, pada saat Presiden Jokowi berkunjung ke Malaysia 5-7 Februari 2015 silam, ia pun pernah mengalami hal serupa. Bedanya, saat itu Tun Mahathir Mohamad tidak sedang menjabat sebagai seorang perdana menteri.

Kejadian itu pun masih lekat di ingatan Presiden Jokowi. Saat Presiden Jokowi menyambut PM Mahathir di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat, 29 Juni 2018 lalu, ia sempat bercerita mengenai pengalamannya disetiri Tun Mahathir.

“Saya ingat betul tahun 2015 saat saya berkunjung ke Kuala Lumpur, Malaysia, saya diajak Bapak Tun Mahathir untuk test drive mobil Proton. Disetir sendiri Bapak Mahathir dengan kecepatan 180 kilometer per jam. Sangat cepat,” ujarnya disambut tawa para pejabat negara Indonesia dan Malaysia termasuk oleh Mahathir yang berdiri di samping Presiden, saat itu.

Presiden mengaku saat itu dirinya tidak merasakan takut saat tahu bahwa yang mengendarai mobil itu adalah Mahathir Mohamad meski sudah berusia lanjut. Setengah bercanda, ia menyebut bahwa dirinya baru merasakan takut apabila saat itu bukan Bapak Tun Mahathir yang mengemudikannya.

“Saya tidak khawatir karena driver-nya adalah Bapak Tun Mahathir. Kalau semisal driver-nya bukan beliau saya kira saya takut,” tuturnya yang kembali disambut tawa PM Mahathir.

Dalam kesempatan yang sama, PM Mahathir juga mengungkit kembali kebersamaannya dengan Joko Widodo saat itu. Ia justru bercerita saat itu sedikit merasa khawatir saat harus memandu Presiden Jokowi.

“Saya merasa takut memandu Presiden karena saat itu saya bukan Perdana Menteri Malaysia, saya lalukan saja test drive. Sebagaimana kita tahu, test track itu tidak semuanya rata, tapi ada miring,” ucap PM Mahathir yang kali ini disambut tawa Presiden Jokowi.

 

Kompak Berpeci, Presiden Jokowi dan PM Mahathir Salat Jumat Bersama

Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad menunaikan ibadah salat jumat bersama selepas agenda jamuan santap siang resmi. Keduanya beranjak menuju Masjid Putra yang tak jauh dari kantor Mahathir di Putrajaya sekira pukul 13.24 waktu setempat.

Selama perjalanan singkat menuju lokasi, PM Mahathir kembali berada di balik kemudi mobil dengan Presiden Joko Widodo berada di sebelahnya.

Imam Besar Masjid Putra, Ustaz Lukman Mohd. Hosni, menyambut kedua pemimpin yang tampak kompak mengenakan peci hitam setibanya di masjid.

Sebelumnya diberitakan, baik Presiden Joko Widodo maupun PM Mahathir selama ini dikenal sebagai tokoh yang ingin menunjukkan wajah Islam yang membawa kedamaian. Kegiatan ibadah salat Jumat bersama ini akan semakin memperkuat tali silaturahmi keduanya.

“Kalau kita melihat ketokohan Tun dan Presiden Jokowi, maka kita melihat bahwa kedua pemimpin ingin terus menonjolkan the true color, the face of Islam yang damai, Islam yang toleran, dan salat Jumat bersama ini juga akan memperkokoh tali silaturahmi di antara kedua pemimpin tersebut,” ujar Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, dalam keterangannya di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis malam, 8 Agustus 2019.

Usai melaksanakan ibadah salat Jumat, Presiden Joko Widodo bersama dengan Ibu Negara Iriana beserta rombongan langsung bertolak menuju Singapura. Kunjungan kerja Presiden ke Singapura tersebut dalam rangka memenuhi undangan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Ayo Komentar