Meriahnya Sholat Terawih Malam Ke-dua Di Masjid Jami’ Al-Barkah Sumurbatu

Oleh : Margono,SE

BEKASI, MediaGaruda.Co.Id – Setelah menjalankan puasa Ramadhan hari pertama, pada Senin 6 Mei 2019 malam ini, hampir seluruh umat mulim di Komplek Perumahan PU Sapta Taruna IV, Kelurahan Sumurbatu, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi antusias menjalankan ibadah sholat Tarawih malam kedua di Masjid Jami’ Al-Barkah setempat.

Suasana meriahnya sholat Tarawih malam kedua malam ini di Masjid Jami’ Al-Barkah Komplek Perumahan PU Sapta Taruna IV, Kelurahan Sumurbatu, membuktikan umat muslim setempat. Pada saat ini sudah kembali bersatu menjalin hubungan ukhuwah islamiah, setelah selesai melaksanakan Pesta Demokrasi Pemilu Tanggal 17 April 2019, demi mendapatkan pahala besar dibulan suci Ramadhan ini.  Dengan cara sholat wajib secara berjamaah di Masjid Jami’ Al-Bahkah, sholat sunah sebanyak-banyaknya dan membaca Al-Qur’an bersama keluarganya masing-masing.

Sholat Tarawah di Masjid Jami’ Al-Barkah Komplek Perumahan PU Sapta Taruna IV, Kelurahan Sumurbatu, diawali sholat isya berjamaah, dilanjutkan dengan pengumpulan amal dari seluruh jamaah sholat Tarawih. Pengumunan oleh Pengurus DKM Masjid jami’ Al-Barkah oleh Ustadz Bangun Widodo tentang jumlah sumbangan tromol sholat Tarawih yang terkumpul sampai Tarawih malam kedua ini.

Sementara itu, KH. Achmad Zaini Fadholi sebagai Imam Besar Masjid Jami’ Al-Barkah Komplek Perumahan PU Sapta Taruna IV, Kelurahan Sumurbatu, dalam ceramah agama islam malam ini menjelaskan, salah satu yang spesial di bulan Ramadhan adalah shalat tarawih. Yang dilakukan setelah shalat Isya ini memiliki keutamaan dan pahala yang besar.

Syekh Taqiyuddin al-Hishni dalam karyanya Kifayatul Akhyar menegaskan bahwa kesunnahan shalat tarawih merupakan kesepakatan seluruh ulama dari berbagai mazhab, tidak dianggap pendapat-pendapat yang menyelisihi konsensus tersebut.

Adapun shalat tarawih, tidak diragukan lagi di dalam kesunnahannya. Kesepakatan ulama telah menjadi kukuh di dalam kesunnahannya, yang demikian dikatakan tidak hanya satu orang. Tidak dianggap pendapat-pendapat yang menyimpang” (Syekh Taqiyuddin al-Hishni, Kifayah al-Akhyar, hal. 89).

Terdapat beberapa hadits menjelaskan tentang keutamaan tarawih, di antaranya hadits Nabi Muhamad SAW riwayat Imam al-Bukhari, Muslim dan lainnya :

“Barang siapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau” (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya). dan seluruh ulama sepakat bahwa redaksi “qâma ramadlâna” yang dimaksud oleh hadits itu, diarahkan pada shalat tarawih.

Syekh Khatib al-Syarbini menegaskan :

“Ulama sepakat atas kesunnahan tarawih dan sesungguhnya tarawih adalah shalat yang dikehendaki dalam hadits Nabi, Barang siapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau. Hadits diriwayatkan al-Bukhari. Adapun sabda Nabi “imanan”, maksudnya adalah membenarkan bahwa yang demikian itu haq seraya meyakini keutamaannya. Sabda Nabi “wahtisaban”, maksudnya ikhlas” (Syekh Khatib al-Syarbini, Mughni al-Muhtaj, juz 1, hal. 459).

Semoga pesan ceramah agama Islam dari KH. Achmad Zaini Fadholi sebagai Imam Besar Masjid Jami’ Al-Barkah malam ini. Diharapkan dapat memperkuat iman dan taqwa seluruh umat muslim warga Perumahan PU Sapta Taruna IV, Kelurahan Sumurbatu dan dapat semakin khusu’ menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan sholat Tarawih sampai akhir bulan suci Ramadhan 1440H. Aamiin YRA. []

(MG 06)

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. Kunjungi Tahura, Gubernur Gyeongsangbuk-Do: Saya Seperti Ada di Surganya Bumi!
  2. Baku Tembak dengan Satgas Tinombala, Dua Terduga Teroris Tewas
  3. Libur Lebaran, Lalin Menuju Tempat Wisata Lembang Padat 
  4. Jokowi Berdialog dengan Para Simbah di Salatiga
  5. Aher: Cisomang Ditutup Distribusi Barang Tetap Lancar
<