Seruan Untuk Indonesia, Pernyataan Sikap Bersama ILUNI UI dan Mahasiswa UI

Pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 merupakan hajad besar Bangsa Indonesia yang sepatutnya dirayakan dengan suka cita dan menjadi tonggak harapan bagi masyarakat untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.
Namun, dinamika pasca pemilu yang terjadi akhir akhir ini merupakan ujian bangsa kita sebagai bangsa untuk benar-benar mampu mewujudkan Demokrasi yang Berkualitas demi Indonesia Naik Kelas. Memandang dinamika Pemilu yang terjadi saat ini Ikatan Alumni Universitas (ILUNI UI) dan Mahasiswa UI yang diwakili BEM se-UI menyampaikan Pernyataan Sikap Bersama, Seruan untuk Indonesia,
1.  Menyampaikan terima kasih dari apresiasi kepada semua pihak, yang terlibat dalam melancarkan dan mengamankan jalannya Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019. 
2.  Turut berbela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya 119 orang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Tragedi ini harus menjadi bahan evaluasi bersama untuk Proses Pemilu dimasa datang. 
3.  Menyerukan kepada semua pihak agar mengutamakan persatuan kesatuan bangsa berdasarkan UUD NRI 1945 dan Undang Undang yang berlaku sambil menunggu real count dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).
4.  Meminta KPU untuk senantiasa meningkatkan kecermatan, profesionalitas, komunikasi dan keterbukaan dalam menyampaikan data dan fakta, terkait hasil pelaksanaan proses Pemilu, khususnya dalam proses rekapitulasi suara Pemilu 2019. 
5.  Meminta kepada Badan Pengawas Pemilu (BANWASLU) untuk meningkatkan pengawasan dan mengambil tindakan tegas dan adil terhadap semua pelanggaran Pemilu, sesuai peraturan dan perundang yang berlaku.
6.  Meminta Polri dan TNI fokus memelihara keamanan dan ketertiban dalam keseluruhan proses Pemilu dengan tetap menjaga netralitas demi mujudkan Pemilu yang aman, damai, jujur dan adil.
 7.  Menghimbau kepada seluruh Mahasiswa UI, Alumni UI dan Masyarakat Indonesia untuk berperan aktif menjaga kelancaran proses dan ketertiban Pemilu serta turut memantau dan menjaga suara rakyat.
Demikian penyampaian Seruan untuk Indonesia – Penyampaian Sikap Bersama ILUNI UI dan Mahasiswa UI, semoga kita bersama mampu menjaga Pemilu 2019, demi demokrasi yang berkualitas agar dapat berjuang bersama untuk mewujudkan Indonesia Maju, Adil dan Makmur. Demokrasi berkualitas, Indonesia Naik Kelas.
Disahkan dan Dinyatakan di Jakarta, 24 April 2019
ILUNI UI,
Arif Budi Hardono 
(Ketua Umum ILUNI UI),
BEM – UI
Manikmarganamahendra 
(Ketua BEM UI 2019)
Menyaksikan,
Universitas Indonesia,
Prof.Dr.Ir Mohammad Anis, M.Met
(Rektor Universitas Indonesia)
(MG 06)

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. Mukernas PPP II Akan Tentukan Nama Calon Presiden 2019
  2. Dianggap Sebagai Kepala Daerah Teruji, Pasangan Rindu Mampu Menarik Pemilih
  3. Hanura Usulkan “Presidential Threshold” Sebesar 10-15 Persen
  4. Gerindra Fokus Memenangkan Pilkada Serentak 2018 di Tiga Daerah
  5. Gantikan Sekda Jabar Aher Ajukan Surat Ke Mendagri
<