Suasana Pencoblosan di TPS 32, Kelurahan Sumurbatu, Bantargebang, Kota Bekasi

BEKASI, MediaGaruda.Co.Id – Suasana pesta demokrasi Pemilu Serentak Pemilihan Presiden – Wakil Presiden RI, Calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Calon Legislatif DPR RI, Calon DPRD Provinsi Jawa Barat dan Calon  DPRD Kota Bekasi. Di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 32, Rukun Warga (RW) 06 Kelurahan Sumurbatu, Kecamatan Bantargebang Kota Bekasi dimulai Rabu tanggal 17 April 2019 sekitar pukul 07.00wib pagi ini.

Kegiatan pemungutan suara di TPS 32 Sumurbatu tadi, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan pembacaan sumpah dan janji KPPS dipimpin Ketua KPPS TPS 32 Bangun Widodo dan diikuti seluruh anggota KPPS yaitu Sriyanto, Iming Satimin, S. Pd, Margono, SE, Guntoyo, Doni Aditia, Andi Sutomo. Pencoblosan di TPS 32 tadi dibantu tim keamanan Lasimin dan Nurul Huda.

Proses pemungutan suara dilanjutkan dengan pembukaan kotak suara yang masih tersegel, dilanjutkan mengeluarkan kertas suara. Perhitungan kertas suara Calon Presiden,  Calon Wakil Presiden, kertas suara calon DPD RI, kertas suara calon DPR RI, kertas suara calon DPRD Provinsi Jawa Barat dan kertas suara calon DPRD Kota Bekasi dan disaksikan oleh para saksi yang hadir.

Para warga yang sudah hadir, dipersilahkan menyerahkan surat panggilan mencoblos kepada anggota KPPS yang sudah ditugaskan. Setelah itu warga dipersilahkan duduk menunggu diluar TPS di kursi yang sudah disediakan. Selanjutnya, satu persatu warga dipanggil sesuai namanya masing-masing secara bergelombang dan diminta menunggu di kuris dalam TPS.

Setelah itu warga dipanggil satu persatu oleh KPPS lainnya dan masing-masing diberi kertas suara Pemilu Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi Jawa Barat dan kertas suara DPRD Kota Bekasi. Warga-pun langsung dipersilahkan menuju bilik suara yang sudah disediakan oleh KPPS untuk mencoblos sesuai pilihan masing-masing. Warga setelah mencoblos dibilik suara,  dipersilahkan menuju ke kotak suara, untuk memasukkan kertas suara Pemilu ke dalam kotak suara, sesuai warga kertas suaranya. Terakhir sebelum keluar TPS, warga terlebih dahulu diwajibkan mencelupkan satu jarinya ke dalam tempat yang sudah diisi tinta Pemilu.

Yang menjadi khas pada pencoblosan di TPS 32 Kelurahan Sumurbatu, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi tadi, adalah bahwa semua KPPS bertugas memakai penutup kepata tradisional secara seragam. Dan para warga seusai mencoblos, dipersilahkan menikmati hidangan permen gratis yang disediakan oleh KPPS TPS 32 Kelurahan Sumurbatu.

(MG 06)

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Jakarta Masih Stabil
  2. Kurang Representatif, Gubernur Aher akan Buat Kantor Baru untuk DPMPTSP
  3. BMKG : Waspada Hujan Petir di Depok dan Tangerang Malam Ini
  4. Siapa HM Diduga Penyandang Dana Kerusuhan 22 Mei?
  5. BUMdes dan Prukades Bakal Jadi Lokomotif Ekonomi desa
<