Syamsudin, HS, M.Ag Dibalik Suksesnya Sarasehan Budaya “Aku Pondok Gede”

BEKASI, MediaGaruda.Co.Id – Sarasehan Budaya dengan thema “Aku Pondok Gede” yang berlangsung di SMK Merah Putih di Jalan Raya Pasar Kecapi No.2 Kelurahan Jatirahayu, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi pada tanggal 2 Maret 2019 kemarin.

Dengan pembicara, DR Anhar Gonggong yang mengetengahkan makalah dengan judul : “Ommenlanden dan perkembangan Bekasi dalam perspektif sejarah,”.

Bisot dan Atmago yang mengetengahkan makalah dengan judul : “Literasi digital di era generasi millennia,”.

Tri Wahyuningsih M Irsyam S.S, M.Si. yang mengetengahkan makalah dengan judul : “Ommenlanden dan perkembangan Bekasi dalam perspektif sejarah,”

GJ Nawi, yang mengetengahkan makalah dengan judul “Pondok Gede dalam ingatan dan catatan sejarah,”

Membuat banyak pihak, berdetak kagum, karena di era milineal yang serba IT seperti saat ini, ternyata ada sekelompok warga Kelurahan Jatirahayu, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi. Yang peduli dan ingin melestarikan, kearifan budaya lokal, kultur budaya asli wilayah Pondok Gede-Pondok Melati yang memiliki ciri khas sendiri.

Orang tersebut tak lain, adalah Syamsuddin HS, M.Ag Ketua Yayasan Yayasan Al Falah Pondok Melati yang menanungi SMK Merah Puti tempat acara tersebut diselenggarakan.

Bagi Syamsuddin HS, M.Ag Ketua Yayasan Al Falah Pondok Melati pada saat wawancara dengan MediaGaruda.Co.Id pada Selasa (5/3) malam ini.

Bahwa latar belakang acara ini digelar untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan asli Pondok Gede sebagai identitas dari sebuah bangsa. Karena memudarnya batas-batas ruang dan waktu seperti saat ini. Akan mendorong ke dalam penyeragaman budaya.

“Dampak ini mulai kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, seperti budaya digitalisasi dalam setiap aktivitas manusia,”kata adalah Syamsuddin HS, M.Ag .

Namun yang menjadi masalahnya kini adalah mau atau tidaknya manusia untuk belajar dari masa lalu atau sejarahnya.”Aku Pondok Gede” mengajak masyarakat Bekasi menggugah kesadaran bersejarahnya. Mengajak mengenal lebih dekat sejarah dalam perspektif kejujuran dan kebenaran sejarah.Belajar dari masa lalu untuk menggapai masa depan yang lebih baik. Menggali lebih dalam potensi dan kearifan lokal yang dimiliki. Membangkitkan kesadaran sejarah untuk membentuk rasa bangga dan cinta pada tanah air. Belajar sejarah untuk mengenal jati diriya.

TUJUAN

Sedangkan tujuan dari pada, Sarasehan Budaya “Aku Pondok Gede”, adalah untuk membangun kesadaran bersejarah masyarakat Bekasi dan Pondok Gede. Menggali potensi dan kearifan lokal yang dimiliki oleh Bekasi dan Pondok Gede. Menghayati dan menghargai nilai luhur, budaya, jasa para pahlawan, peninggalan sejarah di Bekasi dan Pondok Gede

Membangun rasa kebersamaan untuk menjaga dan melestarikan peninggalan sejarah di Bekasi dan Pondok Gede. Mengembangkan dan mencintai potensi budaya dan kearifan lokal Bekasi. dan Pondok Gede.

“Serta untuk mengembangkan kreati_tas dalam mengemas sejarah, budaya, dan kearifan lokal Bekasi dan Pondok Gede,”kata Syamsuddin HS, M.Ag.

(MG 06)

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. Pilgub Jabar, Demokrat Lirik Agung Suryamal 
  2. KPK Bantah Kalau Setya Novanto Ditahan
  3. Pertengkaran Berujung Pembacokan Pakar IT ITB
  4. Ibu Negara Iriana bertolak ke Jatim untuk Kunjungan Kerja
  5. Membangun Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru
<