Pencuri Kotak Amal Masjid Nurul Islam Ditangkap Warga

BEKASI, MediaGaruda.Co.Id – Polsek Pondok Gede, Polresta Bekasi Kota, mengungkapkan kasus percobaan pencurian dengan pemberatan, kotak amal masjid Masjid Nurul Islam Rt. 006 Rw. 13 Kelurahan Jatirahayu, Kecamatan Pondok Melati, Bekasi Kota, Kamis (14/2) sekitar pukul 16.00 wib.

Tertangkap pelaku pencurian kotak amal masjid itu, tersangka Askori Bin Sismadi (46 tahun) asal Dsusun Krambetan Rt.001 Rw. 10 Kelurahan Jogomulyo, Kecamatan Tempuran, Kabuapaten Magelang, Jawa Tengah dan rekannya Ipul yang saat ini masih dalam pengejaran.

Tersangka terncancam hukuman pasal 363 KUHP Jo Pasal 53 KUHP dengan ancaman hukuman kurungan tujuh tahun perjara.

Barang bukti yang berhasil diamankan, satu buah linggis kecil, satu buah obeng Warna Merah Kuning, satu buah tas ransel berwarna hitam dan satu buah Kotak Amal.

Kronologi kejadian itu, menurut para saksi Saman Hudi dan Amirudin keduanya warga Rawa Bacang, Jatirahayu, Pondok Melati, Kota Bekasi. Awalnya pelaku sedang beristirahat di Masjid Attin Taman Mini (karena pelaku tidak mempunyai tempat timpat tinggal). Pelaku disamperin temannya yang bernama Ipul (DPO). Pelaku selanjutnya dibonceng untuk diajak mencari kerja. Dalam perjalanan tepatnya daerah Jatirahayu bensin motor tinggal sedikit. Dan kita berdua tidak mempunyai uang.

Tiba-tiba tepatnya di sekitar Masjid Nurul Islam Rt.006/013 Kelurahan Jatirahayu tersangka Ipul berkata “kita mampir ke masjid situ yuk ngambil kotak amal”. Dan pelaku menjawab “yaudah iya”. Dan setelah sampai di Masjid itu, karena pelaku yang dibonceng, langsung menuju kotak amal yang berada didalam Masjid tersebut. Sedangkan, tersangka Ipul (DPO) menunggu sambil melihat keadaan sekitar di teras Masjid.

Pada saat pelaku masuk dan sudah didekat kotak amal yang akan pelaku ambil, ternyata kotak amal tersebut tidak dapat pelaku bawa, karena menempel dimeja. Kemudian pelaku mengambil obeng yang memang sudah ada di dalam tas pelaku. Karena pelaku selalu membawa perkakas untuk pelaku bekerja sebagai Kuli Bangunan. Dan saat pelaku sedang memegang obeng berada di dekat kotak amal dan hendak membuka kotak amal tersebut. Tiba-tiba diliat oleh para saksi satu, seraya meneriaki pelaku “hey ngapain lo…mau nyuri lo ya…(sambil mendekat kearah pelaku dan menangkap pelaku)..sama siapa lo” dan pelaku menjawab “sama teman didepan (sambil memegang tangan pelaku dan menuju tempat pelaku Ipul (DPO) yang menunggu diatas motor.

Mendengar rebut-ribut tersangka Ipul (DPO) sudah melarikan diri. Selanjutnya anggota Babinkabtibmas yang sedang sambang diwarga mengtahui kejadian tersebut, memghubungi piket Reskrim Polres Metro Kota Bekasi untuk mengamankan pelaku berikut barang bukti (BB) guna proses lebih lanjut.

(MG 06)

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. Presiden Jokowi Beri Masyarakat Papua 10 Persen Saham Freeport
  2. Sistem E-Budgetting Potong Kesempatan Korupsi Dana Desa
  3. Polisi amankan AL terkait teror terhadap Novel
  4. Dubes Amerika Kunjungi Menag Bahas Kehidupan Keagamaan di Indonesia
  5. Perekonomian Jabar Triwulan I 2017 Tumbuh 5,24 Persen
<