PT.Fajar Paper Turut Berpartisipasi Dalam Rehabilitasi Mangrove Di Pesisir Pantai Utara

BEKASI, MediaGaruda.Co.Id – Peran serta PT.Fajar Paper sebagai salah satu perusahaan kertas si Cikarang, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa, dalam ikut berperan dalam melestarikan lingkungan pesisir pantai pesisir utara Bekasi, demi menjaga kelestarian lingkungan hidup demi massa depan anak cucu kita tak perlu disanksikan.

Dibawah ini daftar daerah-aerah diwilayah Kabupaten Bekasi yang sudah pernah mendapatkan sentuhan CSR dari PT.Fajar Paper dalam upaya rehabilitasi Mangove di pesisir utara Kabupaten Bekasi.

Diwilayah Cikarang Barat – Ribuan hektare hutan mangrove dipesisir laut utara Bekasi khususnya di Muara Gembong yang semakin menyusut, akibat pembalakan liar serta ketidaktahuan masyarakat sekitar tentang besarnya manfaat ekosistem hutan bakau/mangrove dipesisir pantai. Kondisi kerusakan ekosistem hutan mangrove dipesisir pantai utara Bekasi ini-pun, sudah berada pada ambang batas yang sangat mengkhawatirkan. Sehingga perlu kesadaran dan rasa tanggung jawab semua pihak untuk membenahi hal tersebut, terutama dalam proses pelestarian dan rehabilitasi..

Kita dapat melihat yang terjadi di Kecamatan Muara Gembong Bekasi, ratusan hektar hutan mangrove yang beralih fungsi menjadi tambak sejak tahun 1940-an. Dan kini telah berubah menjadi daerah terdampak abrasi dengan tingkat kerusakan yang tinggi. Kerusakan hutan Mangrove yang terjadi berdampak pada melemahnya kegiatan ekonomi masyarakat.

Hal itu terjadi karena tambak yang biasa digunakan untuk lahan budidaya air payau, seperti ikan bandeng dan udang windu kini sudah menyatu dengan laut dan ketika kondisi ini dibiarkan akan menjadi salah satu penyebab bertambahnya angka kemiskinan di Kecamatan Muara Gembong.

Memahami kondisi tersebut PT.Fajar Paper lewat CSR-nya turut serta berpartispasi dalam menggalakan kepdulian lingkungan khususnya rehabilitasi hutan Mangrove yang berada di pesisir pantai utara Bekasi. Khususnya di Muara Gembong dengan rangkaian kegiatan yang dilakukan diantaranya pelatihan masyarakat, pembibitan Mangrove, penanaman dan pemeliharaan Mangrove dilahan konservasi.

Sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian terhadap lingkungan khususnya hutan Mangrove, sejak tahun 2018 PT.Fajar Paper selalu berperan aktif dan berpartisipasi melakukan perbaikan dan pengembangan hutan Mangrove di pantai utara Bekasi dengan bekerja sama dengan LSM-GEMPAL (Generasi Masyarakat Peduli Alam & Lingkungan Hidup).

Dimana berbagai kegiatan sudah pernah dilakukan pada tahun 2018 lalu, seperti penanaman pohon mangrove, pemberian ajir, pemberian bibit-bibit mangrove. Di tahun 2019 ini Fajar Paper tetap konsisten dan berkomitmen untuk menjaga dan melestarikan hutan mangrove seperti yang baru-baru ini dilakukan yaitu memberikan ribuan pohon mangrove dan ribuan ajir untuk merahabilitasi hutan Mangrove di pantai utara Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

(MG 06)

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. Menko Puan: Indonesia Bangga!
  2. PT.Fajar Paper Berikan Edukasi Penanggulangan Bahaya Kebakaran Kepada Murid SLTA
  3. Faktor IT, Jadi Penyebab PPDB Online 2017 Amburadul
  4. Menko PMK: Ketahanan Keluarga Kunci Mencegah Radikalisme
  5. Presiden Jokowi Main Tenis Meja, Atlet Kontingen SEA Games Senang
<