Pengusaha Korea Kabur, Ribuan Buruh Garment PT. SKB Terlantar

BEKASI, MediaGaruda.Co.Id – Sekitar 2000 orang buruh garment PT.Selaras Kausa Busana (SKB) yang memproduksi pakaian di Kelurahan Bojong M<enteng, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi. Bahkan ada buruh yang memiliki masa kerja sejak 28 tahun lalu, saat ini nasib buruh karyawan tetapnya sangat mengenaskan. Karena sudah dua bulan terakhir ini upahnya belum dibayar oleh perusahaan.

Sedangkan nasib buruh kontrak, nasibnya juga ternyata lebih mengenaskan lagi, karena sejak bulan Agustus 2018 lalu sampai saat ini, upanya juga belum dibayar oleh Managemen PT.SKB.

Nasib tragis dan mengenaskan ribuan buruh PT.SKB itu, terjadi diduga penyebabnya karena Pimpinan sekaligus pemilik perusahaan PT.SKB yaitu Mr.Jae Chul Kim beberapa waktu lalu telah kabur ke negara asalnya Korea Selatan. Dengan membawah kabur modal perusahaan ini sekitar Rp 90 Milliar rupiah.

Akibatnya operasional perusahaan garment PT.SKB pada saat ini lumpuh total, karena sejak tanggal 12 November 2018 lalu seluruh buruhnya juga mogok kerja, menuntut pembayaran upah. Padahal saat ini order diperusahaan garment PT.SKB itu, pada saat ini sesungguhnya masih ada dan tidak bisa dikerjakan, karena para buruhnya sedang mogok kerja.

“Bahkan untuk order bulan Januari 2018 mbesok, informasinya akan masuk order dari luar negeri lagi dalam jumlah yang sangat besar,”kata Ade Riskandar SH, Ketua DPC SPN Kota Bekasi, saat wawancara dengan MediaGaruda.Co.Id melalui saluran telepon seluler pada Rabu (28/11) siag ini.

Verawati, Ketua Pimpinan Serikat Pekerja SPN PT.Selaras Kausa Busana (SKB) saat ditemui di Sekretariat PSP SPN SKB menambahkan, bahwa kepengurusan buruh yang dipimpimnya pada tanggal 14 Juli 2018 lalu, telah berkirim surat pengaduan tentang kasus PT.SKB ini kepada pihak-pihak terkait, termasuk kepada Presiden dan sampai saat ini belum ada jawaban.

Sedangkan didalam perusahaan PT.SKB pada saat ini, ternyata masih ada dua orang direksi PT.SKB yang saat ini masih bekerja seperti biasa. Yaitu satu orang direksi warga negara dari Korea Selatan dan satu orang direksi lagi warga negara Indonesia. Tetapi terkait, pertanggung jawaban pembayaran upah buruh PT.SKB yang berbulan-bulan belum dibayar ini. Ternyata kedua direksi PT.SKB itu, lepas tangan, dengan alasan mereka juga cuma pekerja dan bukan pemilik perusahaan PT.SKB.

Selain itu, perwakilan buruh SPN PT.SKB juga telah mendatangi Polres Metro Bekasi bagian pengawasan orang asing (POA)untuk berkonsultasi terkait kasus kaburnya Pemilik PT.SKB ini. Ternyata belum mendapatkan jawaban yang memuaskan, seperti, jawaban…siapa yang melarang Presiden Direktur PT.SKB Mr.Mr.Jae Chul Kim memindahkan uangnya dari rekening PT.Selaras Kausa Busana (SKB) miliknya kepada rekering pribadi miliknya juga? .

Sampai berita ini diturunkan MediaGaruda.Co.Id belum mendapatkan penjelasan resmi dari pihak Management PT.Selaras Kausa Busana (SKB) kenapa berbulan-bulan upah buruhnya belum dibayar. ( (MG 06)

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

1 comment

  1. nis

    Sama aja kaya pt sunindo adipersada di cileungsi karyawan gajinya diundur2 terus malah gajian bulan kemarin aja belum lunas dibayar..mau lapor ke depnaker g tau caranya..anggota spn juga gak bisa bantu sama sekali bukannya bela karyawan tapi malah bela persahaan.

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. BMKG Deteksi Enam Titik Panas di Prov Riau
  2. Panglima TNI Minta Prajuritnya Tidak Bersenjata Saat Amankan Demo
  3. Sholat Idul Fitri, Khatib Ceramah Tentang Ahok Jamaah Walk Out
  4. Pabrik Kain Waring Majalaya Terbakar
  5. Banjir Garut, Tim SAR Gabungan Kembali Temukan Tiga Jenazah
<
%d blogger menyukai ini: