GMBI Dukung Pilkada Damai Di Kota Bekasi

0
572

BEKASI, MediaGaruda.Co.Id – Ratusan massa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Distrik Kota Bekasi Pimpinan Abah Zakaria dengan kendaraan bermotor dan satu unit mobil Komando yang dilengkapi sound sistem, melakukan aksi unjuk rasa damai. Di depan kantor Panwaslu Kota Bekasi Jalan M. Hasibuan Nomor 4 , Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi pada Jum’at (25/5) siang.

Pada aksi unjuk rasa damai itu, LSM GMBI meminta Panwaslu Kota Bekasi dapat bersikap netral dalam rangka mendukung pilkada damai di Kota Bekasi dan menjaga netralitas sebagai pengawas Pilkada.

Pada spanduk sebagai alat peraga unjuk rasa yang digunakan LSM GMBI, bertulisan ajakan untuk mensukseskan Pilkada Kota Bekasi agar betjalan damai. Dan aksi unjuk rasa LSM GMBI tadi siang, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Sekretaris LSM GMBI Asep Sukarya dalam orasinya meminta Panwaslu Kota Bekasi dapat bersikap netral dan tidak ter-interfensi dalam mengawasi Pilkada Kota Bekasi. LSM GMBI juga meminta agar fasilitas umum, seperti rumah ibadah dan majid agar tidak digunakan sebagai tempat kampanye.

“Walaupun saat ini bulan suci Ramadhan, tetapi LSM GMBI tetap bersemangat, karena unjuk rasa ini adalah bagian dari ibadah untuk menyampaikan ajakan ber-amal sholeh,”kata Asep Sukarya.

Tugas Panwaslu adalah mengawasi setiap tahapan-tahapan Pilkada, tetapi jika Panwaslu tidak tegas terhadap berbagai dugaan pelanggaran-pelanggaran, maka Pemilukada Kota Bekasi damai yang diimpikan masyarakat aksn sulit terwujud.

“Kami ingin Pilkada di Kota Bekasi dapat berjalan tertib, aman, damai dan kondusif, sehingga melahirkan Pemimpin yang berkualitas,”pinta Asep Sukarya.

Namun jika Panwaslu Kota Bekasi tidak melaksanakan tupoksinya dengan baik, dan  sesuai aturan perundang-undangangan yang berlaku. Maka akan semakin banyak muncul berita-berita hoax yang berkembang ditengah masyarakat,”ungkap Asep Sukarya.

Pertemuan mediasi antara pihak Panwaslu dengan perwakilan LSM GMBI berlangsung didalam kantor Panwaslu Kota Bekasi. Tampak hadir Ketua Panwaslu  Novita Uliya, Komisioner Panwaslu Bagian Penindakan Mochamad Iqbal dan Komisioner Panwaslu Divisi Pencegahan dan Pemantauan, Tommi Suswanto. Sedangkan dari pihak LSM GMBI diwakili Asep Sukarya, Mandor Baya, Kamto Yanto, Engkus Kosasih, Roy, Hambali, Delfin, Dedi Maryadi, Agus Purwara.

Ketua Panwaslu Kota Bekasi Novi Uliya Hastuti, pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih. Bahwa GMBI turut peduli untuk ikut mengawasi pelaksananaan Pilkada di Kota Bekasi. Terkait adanya dugaan berita-berita hoax, saat ini sedang dikonfirmasi dengan pihak Kepolisian, apakah akun-akun berita itu, apakah akun resmi atau tidak. Sedangkan terkait kampanye di lapangan Multiguna Margahayu Bekasi Timur belum lama ini, Panwaslu Kota Bekasi saat ini juga telah memiliki bukti rekaman videonya tersebut secara lengkap.

“Pada saat ini sedang kami teliti, kaji dan bahas dengan pihak Kepolisian dan Kejaksaan, apakah ucapan-ucapan yang ada didalam video itu mengandung unsur-unsur ujaran kebecian atau tidak,”kata Novi Uliya Hastuti.

Sedangkan Komisioner Panwaslu Kota Bekasi Divisi Pencegahan dan Pemantauan, Tommi Suswanto menambahkan bahwa Panwaslu Kota Bekasi pada saat ini sudah menindak lanjuti berbagai dugaan pelanggaran Pemilukada.

“Bahkan laporannya sudah ada yang sudah kami teruskan sampai ke tingkat Propinsi Jawa Barat,”Ungkap Tommi Suswanto.

Pada kesempatan itu, Asep Sukarya Sekrearis LSM GMBI Distrik Kota Bekasi juga menyampaikan harapannya agar Pilkada Kota Bekasi dapat melahirkan Pemimpin yang berkualitas.

Ketua Divisi Investigasi LSM GMBI Kamto Yanto ikut mempertanyakan, apakah selama ini hubungan Panwaslu Kota Bekasi dengan KPU Kota Bekasi harmonis dan kondusif.

“Karena menurut pandangan dari LSM GMBI Kota Bekasi, diduga selama ini hubungan Panwaslu Kota Bekasi dengan KPU Kota Bekasi berjalan kurang harmonis.

“Dan kami berharap agar Panwaslu Kota Bekasi agar tdak terinterfensi oleh pihak manapun,”kata Kamto Yanto.

Pada kesempatan itu LSM GMBI menyerahkan “Perrnyataan Sikap GMBI”
1. Mendukung pelaksanaan pilkada Kota Bekasi yang jujur, adil, transparan dan berkwalitas demi terwujudnya Kota Bekasi yang aman, damai dan kondusif.

  1. Penyelenggara Pilkada harus netral dan tidak berpihsk kepada salah satu pasangsn calon.

  2. Menolak segala bentuk kampanye hitam bernuansa SARA.

  3. Tidak menjadikan tempat ibadah untuk kegiatan kampanye atau kegiatan politik praktis.

  4. Pilkada damai tanpa caci maki, tanpa ujaran kebencian dan tanpa HOAX.

  5. LSM GMBI siap…berpartisipasi aktif mengawal proses Pilkada Kota Bekasi, sampai terpilihnya pemimpin yang berkualitas untukmelanjutkan pembangunan di KotaBekasi selama lima tahun kedepan. (MG 06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here