Diduga Banyak Perusahaan di Sumedang yang Abaikan Hak Karyawan

0
440

SUMEDANG, MediaGaruda.co.id-Banyaknya perusahaan di Kabupaten Sumedang tidak serta merta menguntungkan karyawan itu sendiri, ternyata banyak perusahaan – perusahaan bandel yang tidak mau memenuhi hak- hak karyawannya.

Akibatnya banyak karyawan yang tertindas dan menjadi budak perusahaan, hal ini terungkap dalam kegiatan peringatan May Day minggu (06/05) yang berlokasi di Puri Dwi Papuri Kawasan Industri Jarum Super, di Jalan By Pas Rancaekek Garut Kabupaten Sumedang.

Seperti yang diungkapkan wakil panitia peringatan May Day Selamet Priyanto saat dihubungi dalam sela – sela kegiatan,”Saya sangat prihatin sekali masih banyaknya perusahaan – perusahaan di Sumedang yang masih melanggar ketentuan undang undang dan tidak memperhatikan hak – hak karyawan yang seharusnya dipenuhi,” jelasnya.

Masih menurut selamet,”Hak karyawan yang seharusnya dipenuhi oleh perusahaan ternyata tidak pernah dipenuhi oleh perusahaan, bahkan ada salah satu perusahaan yang memberikan upah yang tidak layak, dengan memberikan upah perhari 40.000,- , selain itu juga banyak perusahan yang tidak memberikan BPJS ketenagakerjaan, ini catatan saya untuk pemerintah agar mendesak perusahaan yang tidak mengikuti aturan,” kesalnya.

Sementara itu menurut salah seorang karyawan, Cucu yang turut dalam kegiatan May Day mengatakan,”Memang benar untuk wilayah Kabupaten Sumedang masih banyak perusahaan – perusahan yang bandel yang tidak mau mengikuti aturan pemerintah, bahkan banyak perusahan yang tidak menetapkan UMK diperusahaannya, jadi saya berharap kepada Pemerintah Sumedang khususnya Disnakertrans untuk senantiasa membela karyawan, bukan membela perusahaan,”jelas cucu. ( MG/10)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here