Ternyata Stunting Akibatkan Kerugian Negara Ratusan Triliun

Jakarta, MediaGaruda.Co.Id – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyatakan masalah gizi buruk atau stunting bisa menimbulkan kerugian bagi negara.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan stunting dapat merugikan ekonomi negara sebesar 2-3 persen dari produk domestik bruto (PDB). Dirinya mencontohkan di mana PDB nasional pada tahun lalu Rp13.000 triliun, maka kerugian negara yang diakibatkan dari stunting mencapai Rp300 triliun.

Stunting bisa menimbulkan kerugian negara,” kata Bambang ditemui di Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Kamis, 5 April 2018.

Kerugian negara pun berpotensi lebih besar apabila didiamkan. Oleh karenanya, dia bilang pemerintah berupaya untuk menurunkan angka stunting baik di pedesaan maupun di pedesaan yang kini berjumlah sebesar sembilan juta anak.

Upaya dalam menurunkan angka tersebut pun dirumuskan dalam rapat koordinasi bersama Menko PMK Puan Maharani serta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia Eko Putro dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambiase yang siang nanti juga akan dibawa ke tahap pembahasan yang lebih tinggi bersama presiden.

Mantan Menteri Keuangan ini bilang, untuk menurunkan angka stunting, diperlukan sinergitas atau kerja sama antarseluruh pihak baik di pusat maupun di daerah, serta pemangku kepentingan lainnya.

“Penanganan stunting terintegrasi, di wilayah-wilayah berkoordinasi sama pemda-pemda,” jelas dia.

(*)

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. Budaya Dialog jadi Salah Satu Solusi Redam Perang Opini di Medsos
  2. Kunjungi Tahura, Gubernur Gyeongsangbuk-Do: Saya Seperti Ada di Surganya Bumi!
  3. Presiden Minta Imunisasi Difteri Tidak Ada Penolakan Warga
  4. Ini 10 Tips Pola Hidup Sehat Agar Awet Muda
  5. Pemerintah dan DPR Sepakat Biaya Ibadah Haji 2018 Jadi Rp35,2 Juta
<