Hasil Survey Terbaru Dari LSPP, Pasangan Rindu masih Unggul

BANDUNG, MediaGaruda.Co.Id – Dari berbagai survei yang sudah dilakukan oleh beragam lembaga survei, pasangan Asyik dan Hasanah mendapat persentase kecil bahkan dibawah 5 persen. Pasangan nomor urut 2 dan 3 masih kalah populer dibandingkan pasangan Rindu maupun pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (2DM).

HASIL survei terkait Pilkada Jawa Barat 2018 dilansir oleh Lembaga Studi Pemilu dan Politik (LSPP), Pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) masih mendominasi dan diprediksi akan menang sementara dua pasangan yakni TB Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah) serta Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) masuk dalam kategori pasangan penggembira.

“Kedua pasangan calon (Hasanah dan Asyik,red) itu hanya meraih elektabilitas dibawah dua persen, lebih kecil dari batas margin error survei,” ujar Direktur Riset LSPP, Sendy Vicky Sutikno, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (25/2/2018).

Sendy mengungkapkan, dari hasil survei yang dilakukan pihaknya, pasangan Hasanah hanya meraih elektabilitas sebesar 1,61 persen. Sedangkan pasangan Asyik meraih 1,55 persen. Angka tertinggi masih dipegang pasangan Rindu dengan 47,99 persen dan 2DM dengan 27,42 persen.

“Yang lainnya, ada 21,43 persen yang menjawab tidak tahu, belum memutuskan dan tidak menjawab,” tambah Sendy.

Menurut Sendy, dalam survei yang dilaksanakan dari tanggal 13 sampai tanggal 20 Februari itu, metode yang digunakan multi-stage random sampling dan margin of errorr 3,5 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. Kecilnya elektabilitas beberapa paslon karena popularitasnya masih sangat rendah.

Untuk urusan popularitas, nama Deddy Mizwar memang paling tinggi persentasenya, yaitu 97,66 persen. Ridwan Kamil ada di posisi kedua dengan raihan 91,23 persen dan tempat ketiga ada nama Dedi Mulyadi dengan 59,44 persen. Sementara pasangan Ridwan Kamil, yaitu Uu Ruzhanul Ulum meraih 48,91 persen suara, kemudian Ahmad Syaikhu dengan 17,96 persen, Anton Charliyan sebesar 16,14 persen, Tb Hasanuddin 9,77 persen, dan terakhir Sudrajat dengan 8,41 persen,

“Bagaimana bisa dipilih jika dikenal saja tidak. Di sisa waktu yang ada, agak berat bagi pasangan Hasanah dan pasangan Asyik untuk meningkatkan elektabilitas jika popularitasnya terus rendah,” terangnya.

Lebih lanjut Sendy menuturkan, melihat hasil survei itu, sisa waktu empat bulan sampai ke hari pemungutan suara akan menjadi ajang head to head antara pasangan Rindu melawan pasangan 2DM. Namun demikian potensi untuk memenangkan kontestasi lebih besar berada di pasangan Rindu.

“Kami memprediksi pasangan Rindu akan terus mendominasi dan ujungnya nanti akan menang. Ini karena selisih yang jauh dan tim mereka berhasil menepis isu-isu negatif yang menerpa. Pola pilkada DKI tidak terjadi di Jawa Barat,” pungkasnya.(*)

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. Putin Akan Segera Kunjungi Indonesia
  2. Walikota Bekasi Berharap SLTA di Kota Bekasi Kembali Gratis, Seperti Sebelum Dikelola Pemprov Jawa Barat
  3. Polresta Bekasi Kota Berhasil Amankan 15 Orang Calo Tiket Sepakbola Asian Games
  4. Wow, KPSBU Kini Mampu Produksi Susu Berstandar Nasional
  5. Survei SMRC : Tingkat Kepercayaan Terhadap Partai Politik Pada Posisi Terakhir
<