Pendidikan dan Pelatihan (DikLat)70 Peserta Saka Bayangkara Cikancung

0
786

BANDUNG – MediaGaruda.co.id – Pelatihan anggota Pramuka Saka Bayangkara KecamatanCikancung  dilokasi Sirkuit Gunung Buleud(SGB) Kp Cipulus Rt 03/09 Desa Mandalasari Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung, Acara tersebut dibuka langsung oleh Kapolsek Ivan Taufik SH dan Camat Cikancung Maksum S.Sos Jum’at 16-02-2018 dan dihadiri oleh Rd Apik ketua PGRI, Drs. Dedi Sukarna Kwaran Cikancung beserta 70 peserta Diklat Saka Bayang kara yang berasal dari SMP dan SMA Cikancung.

Kapolsek Cikancung Akp. Ivan Taufik ketika diwawancara MediaGaruda 16-02-2018 mengatakan, Tujuan diklat adalah memberikan materi tentang teknis kinerja di kepolisian, yang dibagi kedalam beberapa bidang pendidikan latihan yang disebut Krida.

“Peserta Diklat akan di diberi pelatihan teknis krida lantas, krida bintibmas, krida penanganan bencana dan krida pengenalan tempat kejadian perkara (TKP), paparnya .

Ivan Taufik menambahkan, selain pengenalan teknis kepolisian. Pelatihan dan pendidikan ini pula dalam rangka meningkatkan wawasan ilmu dan pengetahuan terutama anggota saka bayangkara harus memahami teknis Babinkantibmas, Imbuhnya

Ia berharap setelah peserta mengikuti diklat diharapkan tumbuh kesadaran anggota Saka bayangkara dalam meningkatkan peran serta dimasyarakat untuk ikut serta dalam membangun didaerahnya, Dengan dibentuknya lanjut Dia Saka bayangkara di wilayah hukum Polsek Cikancung yang pertama ini adalah untuk mewujudkan ke bayangkaraan dengan empat krida tadi, salah satu contoh apabila ada kejadian dimana saja anggota saka adalah ujung tombak kepolisian. Karena akan dilibatkan membantu tugas kepolisian. Diikuti juga oleh linmas dan satpol pp kecamatan cikancung dalam memberi ilmu pengetahuan, pungkasnya

Camat Cikancung Maksum, S.Sos, mengutarakan di sela sela acara Diklat “Saka Bayangkara adalah satuan kerja di pramuka yang memiliki sinergitas yang sama dengan peranan trantibum di pemerintahan.

“Anggota saka harus siap untuk menjadi pemimpin dan penerus pemimpin bangsa jadi apapun itu,” ujarnya.

Dedi Sukarna Kwaran Cikancung, menambahkan acara ini berlangsung tiga hari mulai dari Jum’ar 16-02 s/d hari minggu 19-02 2018 dengan jumlah peserta Diklat 70 anggota dengan usia mualai dari 16-25 tahun yang berasal dari Siswa-Siswi SMP dan SMA yang ada di Kecamatan Cikancung

Oleh karena itu kata Dedi, “Diklat adalah pendidikan karakter, anggota Saka dapat menjadi ujung tombak dilapangan sejak sekarang. “Anggota saka dapat menjadi tauladan, bagi anak – anak usia sekolah. Juga dapat melakukan pencegahan hal-hal negatif di usia anak sekolah dapat dilakukan hari ini,”pungkasnya. (MG/09)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here