Temui Presiden Jokowi, Menlu Bangladesh Apresiasi Bantuan Indonesia untuk Pengungsi Rakhine State

DHAKA, MediaGaruda.Co.Id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kerja sama yang telah dilakukan pemerintah Indonesia dan Bangladesh dalam menangani krisis kemanusiaan di Rakhine State, Myanmar dan dampaknya terhadap Bangladesh.

Apresiasi tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Bangladesh Abul Hasan Hassan Mahmood Ali, Sabtu (27/1) di Hotel Pan Pacific Sonargaon, Dhaka, Bangladesh.

“Saya banyak mendapatkan laporan dari Menteri Luar Negeri saya mengenai kerja sama yang baik antara Indonesia dan Bangladesh,” ucap Kepala Negara.

Menurut laporan yang ia terima, lanjut Presiden,  Menteri Luar Negeri kedua negara terus melakukan komunikasi yang intensif, utamanya dalam menangani krisis kemanusiaan di Rakhine State dan dampaknya terhadap Bangladesh.

“Saya mengapresiasi apa yang telah dilakukan Bangladesh dalam menampung para pengungsi dari Rakhine State,” ungkap Presiden Jokowi.

Oleh karena itu, lanjut Presiden, sebagai negara sahabat, pemerintah dan rakyat Indonesia berusaha meringankan beban Bangladesh dengan mengirimkan berbagai bantuan kemanusiaan.

“Terima kasih juga telah memberikan izin bagi pekerja kemanusiaan Indonesia untuk membantu di kamp pengungsi di Cox’s Bazar,” ujar Presiden Jokowi.

Senada dengan Presiden Jokowi, Menteri Luar Negeri (Menlu) Bangladesh Abul Hasan Hassan Mahmood Ali juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas perhatian dan bantuan Indonesia yang diberikan kepada para pengungsi Rakhine State di Cox’s Bazar.

“Intinya bahwa Bangladesh menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas perhatian dan bantuan Indonesia yang diberikan kepada para pengungsi di Cox’s Bazar,” demikian disampaikan Menlu Bangladesh sebagaimana dikutip oleh Menlu RI Retno Marsudi, Sabtu (27/1) malam.

Pada pertemuan tersebut, Menlu Bangladesh juga menyampaikan rasa senangnya atas kunjungan Presiden Jokowi.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh RI untuk Bangladesh Rina Soemarno. ( SK)

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Redaksi

Portal Berita Online MediaGaruda.Co.Id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *