Kemenko PMK: Dorong Wisatawan, Pemerintah Ingin Budaya Bersih dan Senyum Terus Dipraktikkan

JAKARTA, MediaGaruda.Co.Id – Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) terus mendorong sejumlah daerah untuk terus menggalakkan Gerakan Budaya Bersih dan Sehat (GBBS) supaya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita ingin GBBS bisa diimplementasikan dalam berbagai kelompok sosial dan budaya yang ada di masyarakat,” ucap Kepala Bidang Sejarah dan Warisan Dunia Kemenko PMK, Djohan Pakpakhan saat menghadiri sosialisasi GBBS di Kawasan Kelurahan Pulau Panggang, Kabupaten Administartif Kepulauan Seribu, Kamis (8/12) lalu.

Dikatakan Djohan, melalui GBBS ini akan mewujudkan karakter bangsa yang sehat serta mendorong kunjungan wisatawan di lokasi wisata potensial. “Gerakan ini pada akhirnya dapat mendorong peningkatan pariwisata di Indonesia, khususnya di Kepulauan Seribu karena lokasi dan masyarakat akan berubah dan lebih ramah terhadap kunjungan wisatwan,” terang Dohardo.

Turunan dari aktivitas budaya bersih dan senyum ini, lanjut Djohan ialah penyediaan toilet bersih, pencantuman harga transparan, kuliner lezat dan higienis, serta penduduk yang ramah dan senyum.Bila hal itu bisa berjalan, Djohan optimis kunjungan wisatawan bisa didongkrak naik. Sebab, wisatawan akan merasa nyaman dan senang karena mendapat kondisi kawasan yang bersih hingga penduduk yang ramah.

Disisi lain, Asisten Deputi Bidang Warisan Budaya Kemenko PMK, Pamuji Lestari menyampaikan, secara historis, GBBS lahir seiring dengan ditetapkannya Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 50 tahun 2011.

Menurutnya, GBBS merupakan salah satu cara untuk mempercepat terwujudnya kesadaran masyarakat Indonesia agar berbudaya bersih dan peduli pada kebersihan lingkungan serta berkepribadian ramah dan murah senyum. “GBBS merupakan implementasi dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM),” terang Pamuji.

Gerakan bersih dan senyum merupakan kegiatan bersama Kemenko PMK dengan Kemenko Maritim yang didukung oleh Kemenko Perekonomian, Kemendikbud, Kemenpar, Kementerian Lingkungan Hidup, Bank Indonesia, Badan Ekonomi Kreatif, Pemkab Kepulau Seribu, dan kelompok masyarakat lainnya.

Terakhir, Bupati Kepulauan Seribu, Irmansyah  mengatakan kegiatan GBBS yang di koordinasikan oleh Kemenko PMK sejalan dengan apa yang ada di Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu yakni gerakan bersih, sehat dan senyum. “Ini sangat positif, tentu kita akan berikan dukungan yang luar biasa, dengan ini mereka lebih kenal Kepulauan Seribu. Kita juga berharap gerakan ini ini bisa diimplementasikan oleh semua anak-anak, semua komponen yang ada dan bahkan bisa menjadi budaya,” tandasnya.

Sebagai  informasi, Kegiatan GBBS ini diikuti oleh 200 orang siswa SD, SMP, SMA dan MI yang merupakan perwakilan dari 7 sekolah yang ada di Kepulauan Seribu.(zam)

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. Menteri Eko Minta CSR Bantu Kurangi Ketimpangan
  2. Breaking News! Polisi Minta Interpol Tangkap Habib Rizieq
  3. Kemensos Serahkan Bantuan Kepada Bekas Narapidana Teroris
  4. Produsen Stiker Pengganti Kondom ini Mengklaim Produknya Tingkatkan Sensasi Bercinta
  5. Nama Jalan Padjajaran & Siliwangi Ada di Yogyakarta, Aher: Ini Sejarah Besar
<