Museum Harus Membuka Diri Terhadap Masyarakat dan Komunitas

JAKARTA, MediaGaruda.Co.Id – Sebagai tempat yang bernilai sejarah tinggi serta salah satu sumber ilmu pengetahuan, museum harus terbuka kepada komunitas. “Museum harus membuka diri terhadap komunitas untuk terlibat langsung dalam kegiatan di museum sebagai salah satu kanal budaya dari komunitas akan berperan maksimal apabila dikelola secara tepat” ujar Asisten Deputi Bidang Warisan Budaya Kemenko PMK Pamuji Lestari.

Pamuji menambahkan museum sebenarnya dapat menjadi salah satu sumber yang dapat berperan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi rakyat maupun komunitas yang berada di sekitar lokasi museum. Selain itu, museum juga merupakan tempat ‘dokumentasi’ perjalanan suatu bangsa yang sangat bernilai.  “Namun demikian permasalahan yang umum bagi museum di Indonesia yakni minimnya pengunjung yang dikarenakan faktor internal maupun eksternal’ jelas Pamuji.

Beberapa faktor internal yang masih menjadi permasalahan bagi museum adalah kondisi museum yang masih harus diperbaiki, keterbatasan SDM, koleksi yang kurang menarik hingga fisik bangunan yang terkesan seram. Selanjutnya, terkait faktor eksternal museum masih mengalami kesulitan untuk berkompetisi dengan wahana edukasi lainnya.

Menurut Pamuji, berbagai faktor tersebut menjadi tantangan yang harus dijawab oleh pengelola museum terutama untuk kembali meningkatkan keinginan masyarakat agar kembali dapat berkunjung ke museum. Hal penting lainny adalah upaya untuk menjadikan museum semakin mudah dijangkau oleh masyarakat dan komunitas sehingga tidak terkesan eksklusif.( zam )

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. DPD Golkar Majalengka Ragukan Keaslian Surat Yang beredar Terkait Pencalonan Emil
  2. Lapan Serahkan Benda Antariksa yang Jatuh di Sumenep ke AS
  3. PT KAI Batalkan Kenaikan Tarif KA Ekonomi Bersubsidi
  4. Mendes Segera Cari Pengganti Irjen
  5. Peserta #AksiDamai #DoaBersama212 Saling Ingatkan, “Rumput bos! Jangan diinjak”
<