Kemenko PMK Tekankan Upaya Holistik Dalam Pemenuhan Hak Tumbuh Kembang Anak

JAKARTA, MediaGaruda.Co.Id – Kemenko PMK menekankan pentingnya berbagai upaya untuk meningkatkan kesehatan gizi, perawatan, pengasuhan, hingga pendidikan  terhadap anak yang dilakukan secara menyeluruh. “Hal ini dilakukan agar pemenuhan hak tumbuh kembang anak di usia dini dapat terjamin” ujar Asisten Deputi Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Masyarakat Kemenko PMK Femmy Eka Kartika Putri (24/10).

Selanjutnya, Femmy menjelaskan bahwa sasaran dari pengembangan anak usia dini  (PAUD) yang holisitik ini adalah masyarakat khususnya orangtua dan keluarga yang memiliki anak usia dini, kader-kader posyandu, taman anak sejahtera dan lembaga pendidikan anaka usia dini. “Selain itu, pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah, organisasi profesi dan kemasyarakatan, serta media massa juga merupakan sasaran lainnya dari pengembangan anak usia dini” tambah Femmy

PAUD merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang sekaligus juga merupakanpilar pembangunan. Kualitas SDM akan sangat ditentukan oleh kualitas anak di usia dini hingga nantinya berusia enam tahun. Perkembangan yang sangat utama terjadi pada rentang periode emas yaitu usia nol hingga tiga tahun. Hal ini semakin menekankan pentingnya Pengembangan Anak Usia Dini yang dilakukan secara holistik dan terintegrasi.

Untuk menguatkan upaya ini, Femmy mendorong agar dibentuk suatu gugus tugas di tingkat nasional. “Kita perlu mendorong segera dibentuk gugus tugas pusat/nasional ini, supaya gugus tugas lainnya segera bergerak juga, oleh karena itu nanti akan kami laporkan kepada pimpinan akan peluang-peluang ini terkait peraturan permendagri yang menjadi peluang kita agar lebih bersinergi dengan mengaktifkan gugus tugas ini kita bisa lebih optimalkan dengan PAUD” pungkas Femmy.(zam)

 

Editor : Sutrisno

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. Pjs Walikota Bekasi Puji Kinerja BPRS Patriot 
  2. Pameran Nusawastra, Seskab Mengaku Sedang Kumpulkan Koleksi Seni Bung Karno
  3. Politikus PKS Mobil Goyang Dengan Siswi SMA
  4. Kemenko PMK: Riset Kuat, Dorong Inovasi Berkelanjutan
  5. Kemenko PMK Turut Berduka atas Meninggalnya Chairul Huda
<