Misteri 3 Planet Mirip Bumi Layak Huni

CALIFORNIA, MediaGaruda.Co.Id – Ilmuwan kembali menguak misteri antariksa. Tiga di antara tujuh planet di luar tata surya (eksoplanet) yang mengorbit pada bintang Trappist-1 yang ditemukan pada Maret 2017 layak huni lantaran memiliki kandungan gas hidrogen pada astmosfer dan air.

Ketujuh planet tersebut adalah Trappist-1 b, c, d, e, f, g, dan h. Tiga planet yang memiliki bumi ialah planet Trappist-1 e, f, dan g. Bahkan, menurut studi yang dilakukan oleh tim dari University of Birmingham itu, jumlah airnya sama dengan bumi.

“Dan mungkin saja kandungan airnya akan bertahan dalam jangka waktu hingga miliaran tahun,” kata Amaury Triaud, peneliti astrofisika yang menjadi anggota studi, seperti dikutip dari laman kampus mereka, 3 September 2017.

Triaud menjelaskan, ketujuh planet ini berada di zona goldilocks alias berada di posisi yang memungkinkan suhu planet tidak terlalu panas atau dingin. Dampaknya, gas hidrogen dari dalam planet yang dimuntahkan ke lapisan atmosfer bisa menghangatkan permukaan.

Namun, untuk sementara, Triaud dan tim belum bisa mengungkap berapa jumlah kandungan gas dan air tersebut hingga benar-benar bisa mendukung kehidupan.

Selain sistem Trappist-1, ada planet mirip bumi lain. Pada Juni 2017, misalnya, ditemukan 219 eksoplanet lain yang 10 di antaranya punya ciri khas mirip bumi. Dengan ditemukannya 219 planet tersebut, total ada 4.034 eksoplanet yang siap untuk diteliti.

“Penemuan ini semakin membuat kita bertanya, benarkah kita sendirian di alam semesta ini?” kata Susan Thompson, ilmuwan Teleskop Antariksa Kepler dari SETI Institute.(*)

Tempo.co

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. Di Depan Masyarakat NTT, Cagub Jabar No.2, Siap Jaga Kebhinekaan di Jawa Barat
  2. Diplomasi Bulutangkis Presiden Jokowi dan Sultan Brunei
  3. Polisi belum Tetapkan Tersangka Kasus Videotron Mesum
  4. Pjs Walikota Bekasi Silaturahmi ke Samsat dan Lapas Klas II A Bekasi
  5. Presiden Jokowi Beri Target Kepala BKPM Datangkan Investasi Rp 670 Triliun
<