BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Jabar Triwulan III Lebih Baik

BANDUNG, MediaGaruda.Co.Id – Pertumbuhan ekonomi Jawa Barat (Jabar) pada triwulan III tahun 2017 diperkirakan meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya dan akan tumbuh pada rentang 5,2% – 5,6% (yoy).

“Hal ini didukung oleh hasil survei Bank Indonesia (BI) yang mengindikasikan pertumbuhan itu,” ujar Kepala Perwakilan BI Jabar Wiwiek Sisto Widayat, Jumat (11/10).

Seperti misalnya pada survei kegiatan dunia usaha dimana BI memperkirakan pada triwulan III tumbuh sebagaimana nilai saldo bersih tertimbang sebesar 20,95% , lebih tinggi dari 18,31%, dimana industri pengolahan dan pertanian sebagai sektor pendorong utamanya.

Kemudian, pada survey konsumen juga mengindikasikan peningkatan optimisme konsumen yang tercermin adanya peningkatan LPE. Penjualan domestik tercatat meningkat yang didorong oleh industri pengolahan, hotel dan restoran, pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan.

Namun disisi lain, akan ada penghambat pertumbuhan LPE triwulan III yakni antara lain peningkatan NPL atau kredit macet, berlalunya moment Ramadhan dan lebaran yang pada bulan Juni yang mendorong konsumsi.(*)

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. Menko Puan: Anak Usia Sekolah Dari Keluarga Kurang Mampu Berhak Terima Bantuan Tunai Pendidikan
  2. Malam Tahun Baru 2017 Klab Malam di Istambul Diserang, 35 Tewas 40 Terluka
  3. Tetap Optimistis, Agum Gumelar : Tidak Ada Presiden yang Menginginkan Rakyatnya Sengsara
  4. Jabil, Industri Komponen Pesawat Internasional Buka Pabrik di Bandung
  5. Kejar Provinsi Literasi, Bapusipda Jabar Membentuk Dewan Perpustakaan
<