Keberadaan Mobil Listrik Diyakini Akan Dorong Perkembangan EBT

JAKARTA, MediaGaruda.Co.Id – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mendorong pengembangan mobil listrik. Jonan berpendapat, sudah saatnya Indonesia mengembangkan mobil listrik agar tidak tertinggal oleh negara lain.

Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Rinaldy Dalimi mengamini keinginan Jonan. Menurutnya, keberadaan mobil listrik juga akan mendorong perkembangan energi baru terbarukan (EBT).

“Perkembangan teknologi saat ini akan membuat EBT menjadi potensial, mobil listrik menjadi salah satu pendorong tapi harus diinisiasi oleh pemerintah,” ujarnya di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (4/8).

Bukan tanpa alasan Rinaldy ikut mendukung keberadaan mobil listrik. Pasalnya, negara seperti Perancis sudah membuat kebijakan jika pada 2040 mendatang semua mobil harus mobil listrik. Inggris dan India juga menerapkan kebijakan yang sama dengan waktu yang berbeda.

Hanya saja, Rinaldy memberi sedikit catatan. Keberadaan mobil listrik perlu didukung oleh keberadaan EBT. Sebagai contoh, bahan bakar mobil listrik tidak lagi menggunakan listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) melainkan harus melalui listrik yang dihasilkan oleh panel surya.

“Makanya kita sedang susun peraturan presidennya agar dipercepat penggunaanya, potensi mobil listrik jika listrik dari EBT, dapat cepat dengan percepatan teknologi baterai dan listrik dan solar,” kata dia.

Menurutnya, mobil listrik yang menggunakan listrik dari PLN itu tidak mendukung EBT. “Nah kita arahkan sekarang penggunaan mobil listrik di Indonesia mengarah pada peningkatan penggunaan EBT,” pungkasnya.(*)

 

 

Jawapos

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. Inilah Paket Ekonomi 15 : Efesiensi Logistik tingkatkan Daya Saing
  2. #HeforShe, Presiden Jokowi : Selamat Hari Ibu untuk Ibu di Indonesia
  3. Apel Gelar Pasukan Pengamanan May Day 2019, Kota Bekasi
  4. Pengakuan Mengejutkan Komnas HAM Berupaya Bongkar Kriminalisasi Ulama
  5. Ribuan Masa #AksiDamai di Monas Bersama-Sama Nyanyikan Lagu Indonesia Raya
<