KPK Telah Berhasil Menangkap 20 Gubernur yang Terlibat Korupsi

MALANG, MediaGaruda.Co.Id – Separuh lebih Gubernur Aktif melakukan tindak pidana korupsi yang sedang dilaksanakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan menyebut KPK telah berhasil menangkap 20 Gubernur yang terlibat korupsi. “Lebih dari 50 persen Gubernur terlibat korupsi,” katanya dalam Rakernas Apeksi di Malang, Rabu 19 Juli 2017.

Belum lagi, jumlah kasus tindak pidana korupsi yang sedang Kejaksaan dan Kepolisian. Untuk itu, dia minta Kepala Daerah menggunakan anggaran sesuai peruntukan. Serta menjauhi penyelewengan anggaran keuangan daerah.

“Penegak hukum wajib menindaklanjuti laporan masyarakat terkait penyimpangan yang dilakukan aparatur sipil negara,” katanya. Sepanjang tak ada kerugian negara atau memperkaya diri sendiri atau orang lain.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengingatkan 98 Wali Kota peserta Rakernas Apeksi untuk berhati-hati anggaran. Lantaran, bisa terjadi tindak pidana korupsi. “Harus hati-hati dalam anggaran,” katanya.

Kementerian Dalam Negeri bersama KPK tengah menyusun mekanisme untuk memperbaiki fungsi inspektorat dalam pencegahan tindak pidana korupsi. Agar Inspektorat lebih optimal dalam penanganan tindak pidana korupsi. “Hasil kesepakatan dengan BPKP, dan KPK telah diserahkan kepada presiden,” ujarnya.

Wali Kota Malang Mochamad Anton menggunakan anggaran anggaran sesuai mekanisme. Sertausun laporan keuangan sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku. “Jika mekanisme penuh, tak perlu dikerat tindak pidana korupsi,” kata Anton. (*)

 

 

Tempo.co

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. Maksimalkan Partisipasi Publik, Satgas Saber Pungli Sediakan 3 Saluran Pengaduan
  2. Ketua DPR Minta Proyek Tiongkok Libatkan Pekerja Lokal
  3. Mendagri : 12 Provinsi Memiliki Tingkat Kerawanan Sedang
  4. Tujuh Ruas Tol Ini Ditargetkan Beroperasi Jelang Lebaran 2018
  5. Hari Ketiga Pencarian Yusuf Ditemukan Meninggal
<