Data Ekonomi di Lima Provinsi Bisa dipakai Tahun 2018

BANDUNG, MediaGaruda.Co.Id – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat Suhariyanto mengatakan BPS akan menyusun data ekonomi kreatif di lima provinsi, yakni Jabar, Jatim, Sumut, Bali dan Jogjakarta paling lambat selesai akhir tahun ini.

“Jadi 2017 ini harus selesai dan 2018 datanya siap untuk dipakai Bekraf,” katanya di Bandung, Kamis (6/7)

Ia mengatakan ekonomi kreatif dapat menjadi lokomotif baru dari gerakan ekonomi nasional. Sebab memiliki kelebihan dibandingkan sektor lain apalagi yang mengandalkan sumber daya alam.

“Ekonomi kreatif tidak akan habis, ide dan inovasi akan terus berkembang. Tidak seperti ekonomi yang mengandalkan sumber alam, akan habis suatu saat,” katanya.

Nantinya Bekraf dapat memanfaatkan hasil sensus ekonomi 2016 dan data terbaru yang nanti akan dibuat BPS terkait data kreatif. Guna memperkaya data ekraf, Bekraf bersama dengan BPS tahun ini akan menambah jumlah cakupan data yang akan disusun, yakni profit usaha subsektor berdasarkan Sensus Ekonomi 2016, penyediaan Klasifikasi Baku Jabatan Indonesia (KBJI), data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), dan Tabei Input-Output (l-O) ekraf. Di samping itu, data Produk Domestik Bruto (PDB), tenaga kerja, dan ekspor akan tetap diperbaharui tahun ini. (*)

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. Wacana Pemekaran Daerah Dinilai Miliki Sentimen Politik
  2. Tertimbun Longsor, Empat Penumpang Mobil Tewas
  3. Fanatisme Pilkada Serentak 2017 Rawan Konflik
  4. Aher Berduka Atas Meninggalnya Ketua DKM Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat
  5. DPR Minta Pemerintah Segera Tuntaskan Polemik Impor Senjata
<