Ahok Tetap di Mako Brimob Atas Alasan Keamanan

Jakarta, MediaGaruda.Co.Id – Basuki ‘Ahok’ Tjahaja Purnama tetap ditahan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, meski Kejaksaan telah menetapkan penahanan di LP Cipinang.

Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Agung Noor Rachmad mengatakan permintaan penahanan tetap di Mako Brimob datang dari Kalapas Cipinang Abdul Ghani, dengan alasan keamanan.

“Pelaksanaannya di LP Cipinang. Namun karena ada surat dari Kalapas Cipinang kepada Komandan Rutan Mako Brimob mengatakan bahwa penempatan untuk menjalani pidana terdakwa Ahok di Mako Brimob,” jelas Noor di Kejaksaan Agung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis 22 Juni 2017.

Dalam surat dijelaskan, pertimbangan penahanan Ahok tak dipindah mengingat pengalaman terdahulu ketika Ahok diboyong ke Rutan Cipinang.

Saat itu, kondisi gaduh di luar lapas tak bisa dihindari. Kegaduhan terjadi ketika pendukung Ahok menggelar aksi di depan Lapas Cipinang. Aksi digelar bahkan hingga malam hari.

Dalam proses eksekusi, JPU dan petugas Lapas Cipinang akhirnya mendatangi Mako Brimob. Ia memastikan, Ahok menjalani pidana di sel kawasan Depok tersebut.

Namun, Noor mengaku tak tahu hingga kapan bekas Gubernur DKI itu menjalani hukuman di Mako Brimbob. “Persoalan ke depan tergantung dari Lapas Cipinang. Jaksa sudah mengeksekusi,” tegas dia.

Noor mengaku tak mempersoalkan penempatan Ahok. Tugas mereka, kata dia, ialah mengeksekusi terpidana dan itu telah dilakukan pada Rabu 21 Juni sekitar pukul 17.00 WIB.

Ahok ditahan setelah hakim memvonisnya 2 tahun penjara. Ahok dinyatakan bersalah dalam kasus penodaan agama.(*)

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. Ahli Sosiologi Sebut HTI Haramkan Pancasila dan Pemilu
  2. Kejar Provinsi Literasi, Bapusipda Jabar Membentuk Dewan Perpustakaan
  3. Update Korban Bom Kampung Melayu Pukul 01.17 Menjadi 15 Orang
  4. Menko PMK: Optimalisasi Program Padat Karya, Ini Pesan-pesan Puan
  5. Buntut Teror, Kandidat Presiden Prancis: Tutup Semua Masjid !
<