Bank Dunia : Ekonomian Indonesia tumbuh 5,3 persen pada Tahun 2018

JAKARTA, MediaGaruda.Co.Id – Pertumbuhan PDB riil Indonesia diprakirakan meningkat dari 5,2 persen tahun ini menjadi 5,3 persen pada 2018, menurut Bank Dunia Juni 2017 Triwulan Ekonomi Indonesia.

“Pertumbuhan PDB riil menguat menjadi 5,0 persen (year-on-year) pada kuartal pertama 2017 dibandingkan dengan 4,9 persen pada kuartal sebelumnya, didorong oleh rebound konsumsi pemerintah dan melonjaknya ekspor,” Rodrigo A Chaves, Direktur Bank Dunia Untuk Indonesia, mengatakan pada saat peluncuran laporan di Jakarta, Kamis.

Menurut Bank Dunia, perekonomian Indonesia dimulai pada tahun 2017 dengan pijakan yang kuat, yang dimungkinkan oleh lingkungan global yang lebih mendukung dan meningkatkan fundamental domestik.

Perkiraan pertumbuhan tersebut sejalan dengan perkiraan kenaikan PDB global dari 2,7 persen tahun ini menjadi 2. 9 persen pada periode 2018-2019.

“Dasar-dasar ekonomi Indonesia membaik, oleh karena itu, prospek berlanjut secara positif, ini adalah kabar baik yang menambahkan potensi pertumbuhan menjadi kurang rentan terhadap guncangan global,” kata Rodrigo.

Kinerja fiskal di semester I tahun 2017 menguat, dengan peningkatan pendapatan dibandingkan tahun lalu dan kualitas belanja yang lebih baik.

Konsumsi swasta diperkirakan akan meningkat dengan inflasi moderat, nilai tukar yang stabil, kepercayaan konsumen yang lebih kuat, dan suku bunga kredit konsumen yang rendah.

Didukung oleh pendapatan fiskal yang lebih kuat, pemulihan konsumsi pemerintah yang terlihat pada triwulan I-2017 diperkirakan akan berlanjut.

Pada perkiraan awal, investasi diperkirakan akan menguat seiring berlanjutnya pemulihan harga komoditas, Meningkatnya kepercayaan investor yang didukung oleh kenaikan peringkat S & P, dan penurunan suku bunga kredit komersial.

Pertumbuhan ekspor diperkirakan akan meningkat tahun ini dan tetap kuat di tahun 2018, didukung oleh permintaan eksternal yang kuat seiring dengan pertumbuhan ekonomi global dan pemulihan perdagangan global. (*)

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. Fokus Jadi Presiden AS, Trump Mundur dari Kerajaan Bisnisnya
  2. Panglima TNI : Waspadai Sel-Sel ISIS di Indonesia
  3. Polisi Tangkap Hatta Taliwang Kamis Dini Hari
  4. Ukhuwah Islamiyah Harus Dijaga, Kita Semua Bersaudara
  5. Tidak Boleh Pihak Ketiga, Menkeu: Swakelola Dana Desa Agar Penyerapan Tenaga Kerja Maksimal
<