“Mulai Hari Ini” Orang Tua Calon Siswa Jalur Afirmasi Harus Verifikasi Data

BEKASI, MediaGaruda.co.id Mulai hari ini, Senin 12 Juni 2017 sampai Jum’at 16 Juni 2017, Para orang tua murid (Ortu) calon peserta didik jalur afirmasi (warga miskin) tingkat SD dan SMP Negeri di Kota Bekasi. Wajib, melakukan verifikasi data, seperti Kartu Sehat Kota Bekasi, KIS, KIP dan PKH di setiap kecamatan tempat tinggal masing-masing.

“Selanjutnya Kartu Sehat Kota Bekasi, KIS, KIP dan PKH itu diverifikasi kebenarannya oleh petugas dari Kecamatan,

“Dan jalur Afirmasi ini mendapatkan kouta 10 persen, dari jumlah seluruh murid yang diterima di setiap sekolah SD, SMP Negeri seperti yang tercantum pada Kepwal nomor 420 tahun 2017,” kata Anton R, Kasie Pembantu dan Pengembangan Bidang Bina Program Disdik Kota Bekasi kepada Media Garuda, Senin (12/6) siang ini.

Pendaftaran calon peserta didik baru tingkat SD dan SMP Negeri tahun ajaran 2017/2018, akan dilaksanakan dari tanggal 3 sampai 5 Juli 2017.

Sistem penerimaan murid baru / jalur daya tampung PPDB 2017/2018 menggunakan empat jalur, yakni jalur Zonasi, Umum, Afirmasi dan Prestasi.

Pertama, jalur Zonasi (Bina Lingkungan,Red) sesuai Kepwal Walikota Bekasi Nomor 420 Tahun 2017 mendapatkan kouta 60 persen dari jumlah penerimaan murid disetiap sekolah SD dan SMP Negeri.

“Para murid SD di Kota Bekasi yang rencana pada 10 Juni 2017 mbesok diumumkan kelulusannya, dapat mendaftar secara online pada tanggal 3-5 Juli 2017 sesuai zona (lingkungan) tempat tinggalnya masing-masing.Dan SMP Negeri mana saja yang bisa dituju, hal itu sudah ditentukan pada lampiran Kepwal No.420/KEP 246.A.Disdik/V/2017 tersebut,”kata Anton.

Kedua, jalur umum mendapatkan kouta 29 persen.Dengan rincian 24 persen untuk siswa asal Kota Bekasi dan 5 persen siswa asal luar Kota Bekasi.

Ketiga, jalur afirmasi atau jalur warga muskin mendapatkan kouta 10 persen dan persyaratannya, seperti disebutkan diawal penjelasan.

Dan yang keempat adalah jalur prestasi, sesuai Kepwal No.420 tahun 2017 mendapatkab koutanya 1 persen.

Untuk sertifikat prestasi calon peserta didik baru yang dapat dilampirkan untuk masuk SMP Negeri. Adalah, prestasi ketika siswa duduk di kelas 4,5 dan 6 Sekolah Dasar pernah juara OSN, juara O2SN, juara FLSSN, juara POD DA dan PON,”kata Anton. (MG/06)

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. Indonesia Intip Uji Coba Nuklir Korea Utara
  2. Sri Mulyani Ajak Seluruh Pegawai Bersihkan Kemenkeu
  3. Presiden Jokowi Selalu Terbuka untuk Bertemu Prabowo dan Tokoh Politik Lainnya
  4. Perdagangan Global Harus Kurangi Kemiskinan
  5. ILUNI UI Bantah Tudingan Ikut Demo 4 November
<