Presiden Bentuk Unit Kerja Pemantapan Idiologi Pancasila

JAKARTA, MediaGaruda.Co.Id – Pemerintah telah menerbitkan peraturan presiden (Perpres) tentang unit kerja pemantapan ideologi Pancasila dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyatakan Presiden Joko Widodo telah menyiapkan lembaganya.

“Beliau sudah menandatangani hari ini,” kata Pramono di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 31 Mei 2017.

Dari sisi organisasi, lanjut Pramono, nanti akan ada dewan pengarah dan satu orang kepala atau eksekutif. Untuk dewan pengarah akan diisi oleh sembilan orang. “Ini berada di bawah unit kerja presiden,” kata dia.

Menurut rencana, Presiden Jokowi sendiri yang akan mengumumkan peluncuran unit kerja tersebut. “Seperti apa kerjanya, besok akan diumumkan presiden,” ucap Pramono lagi.

Maraknya aksi intoleransi yang merongrong kebinekaan yang terjadi belakangan ini mendorong pemerintah membentuk unit kerja pemantapan Pancasila.

Sebelumnya, menurut Jokowi, tugas tim itu adalah memberikan pemantapan dan pemahaman Pancasila dengan cara kekinian, antara lain lewat komik, video-blog (Vlog), dan media sosial seperti Instagram.

Sejumlah kelompok dan tokoh masyarakat sempat diundang ke istana kepresidenan untuk memberi masukan ihwal unit kerja tersebut. Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Panjaitan yang ditunjuk sebagai inisiator menyatakan tugas unit itu membantu kinerja presiden dalam mengendalikan pelaksanaan pembinaan ideologi Pancasila.(*)

 

 

tempo.co

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. Fokus Jadi Presiden AS, Trump Mundur dari Kerajaan Bisnisnya
  2. HTI Tak Pernah Terus Terang Agenda Politik yang Diusung
  3. Presiden Jokowi Hadiri HUT Guru Ajak Pererat Persatuan NKRI
  4. Gubernur Aher Prediksi Arus Mudik Jalur Utara Jabar Dipastikan Lancar
  5. Ulama Ahli Fikih: Politisasi Agama Hukumnya Haram
<