Cimahi Dan Sukabumi Akan Jadi Pilot Project Program Sertifikasi Lahan

BANDUNG, MediaGaruda.Co.Id – untuk meningkatkan perekonomian terutama di sektor usaha mikro dan kecil, Pemerintah provinsi (Pemprov) Jawa Barat memiliki program sertifikasi lahan. Dalam hal ini, Pemprov Jawa Barat menggandeng Badan Pertahanan nasional (BPN) Jawa Barat.

“Ini sesuai araha dari Presiden Jokowi sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan yang dihadpai pelaku usaha mikro dan kecil dalam mengakses modal dari perbankan,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa di sela-sela acara penanaman pohon bambu di Dago Tea Haouse, Kota Bandung, Sabtu (15/4/2017).

Menurut Iwa, program sertifikasi lahan ini akan digulirkan di tiga kota sebagai ‘pilot project’. Ketiga kota tersbeut meliputi Kota Bandung, Kota Cimahi, dan Kota Sukabumi. Setelah tiga kota ini, program sertifikasi akan secara bertahap dilakukan di semua kabupaten/kota di Jawa Barat.

“Senin (17/4/2017, red), kami akan launching di Kota Cimahi. Dua kota lain yang menjadi pilot project adalah Kota Bandung dan Kota Sukabumi menyusul daerah lain,” ungkapnya.

Permasalahan sertifikat lahan, memang menjadi penghambat pelaku usaha mikro dan kecil untuk mengakses pendanaan dari bank. Karena hal tersebut, perbankan tidak bisa mencairkan kredit karena tidak ada legalitas terutama dalam masalah lahan.

“Perbankan juga tentunya ingin aman untuk menamkan NPL. Jadi program sertifikat lahan ini akan digulirkan,” kata Iwa.

Selain itu, pihaknya juga mendorong kabupaten/kota di Jawa Barat untuk membangun pelayanan stau atap dalam pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Dengan pelayanan satu atap, maka pembuatan IMB akan lebih mudah dan cepat.

“IMB juga menjadi salah stau administrasi yang harus dimiliki pelaku usaha mikro dan kecil saat mengajukan kredit ke perbankan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Bank Swasta Nasional (Perbanas) Jawa Barat, Rudi Kurniawan menjelaskan, masalah legalitas administrasi memang menjadi hal yang wajib dimiliki saat mengajukan kredit.

“Ini yang sering menjadi salah paham masyarakat. Kenapa saya tidak mendapatkan kredit dari bank. Kalau tidak ada legalitas administrasi, tentunya kita tidak bisa memberikan kredit,” terangnya.

Pihaknya sangat mendukung program sertifikasi lahan yang akan digulirkan Pemprov Jawa Barat. Karena itu, akan lebih memudahkan bagi masyarakat khususnya pelaku usaha mikro dan kecil.

“Tentunya kita akan dukung sepenuhnya program ini,” ujarnya. (*)

Source : Galamedianews.com

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. Kementerian ESDM Cabut Ketentuan Rekomendasi Penggunaan Tenaga Kerja Asing
  2. Sejak 2001 Separuh lebih Pekerjaan di Koran AS Hilang
  3. Sudirman Said Mengaku Serius Maju di Pilgub Jateng
  4. Hasto : Tak Masalah Golkar Calonkan Ridwan Kamil Jadi Cagub Jabar
  5. Deddy Mizwar: Kesadaran Masyarakat Akan Hidup Sehat Masih Rendah
<