Komisi D DPRD Kab Sumedang Awasi pipa-pipa siluman di sejumlah Pabrik

MediaGaruda.Co.Id – Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumedang akan menerjunkan tim yang akan mengamati dan mengawasi pipa-pipa siluman di sejumlah pabrik di wilayah Jatinangor hingga Cimanggung.

Penerjunan tim dilakukan karena diduga ada beberapa pipa siluman di wilayah Jatinangor dan Sumedang. Pipa tersebut diduga untuk mengalirkan limbah cair tanpa adanya izin. Kata ketua Komisi D DPRD Sumedang, Dadan Rohmawan.

“Kami akan terjunkan tim untuk mengamati dan mengawasi. Karena ternyata memang ada pipa siluman di wilayah Jatinangor dan Cimanggung,” ujar Dadang kepada MG di Cimanggung, Rabu (29/3).

Dadang menambahkan, pengawasan dan pengamatan pipa-pipa siluman tersebut akan dilakukan sesuai penjadwalan oleh Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Sumedang. Sehingga, proses pengamatan dan pengawasan tidak akan diketahui oleh pemilik pipa siluman.

Dadang katakan, Pipa-pipa siluman tersebut berada di beberapa titik industri yang disinyalir menghasilkan limbah cair. Pipa tersebut kebanyakan tersembunyi dan tidak banyak diketahui oleh orang. Ada puluhan pipa siluman yang saat ini tidak diketahui pemiliknya.

“Kami sudah melakukan pengecekan. Dan benar saja ada puluhan pipa siluman yang tak bertuan. Dugaan kami pipa siluman ini milik pabrik yang menghasilkan limbah cair,” ungkapnya.

Tim yang akan diterjunkan, lanjut dia, akan menelusuri asal muasal pipa siluman tersebut. Sehingga, jika terbukti ada yang memiliki pipa tersebut maka perusahaan yang bersangkutan akan dikenai sanksi tegas.

“Bisa saja kalau terbukti izinnya dicabut dan dilarang beroperasi. Karena kan pipa siluman ini tidak berizin. Maka sudah menyalahi aturan yang ada,” tegas Dadang.

Ditanya terkait apakah pipa-pipa siluman tersebut salah satu penyebab banjir di Jalan Raya Bandung-Garut, Dadang mengatakan itu bisa saja terjadi. Pasalnya, dari beberapa laporan warga, limbah cair dari pipa siluman tersebut dibuang saat hujan turun.

“Itu bisa saja penyebabnya. Tapi kami akan selidiki lebih dulu, kami dalami terlebih dahulu. Apakah itu salah satu penyebab banjir selain memang drainase disana mampet atau bukan,” jawabnya.

Dadang menambahkan, pihaknya juga meminta peran aktif dari masyarakat untuk segera melaporkan jika mengetahui ada aktifitas pembuangan limbah cair melalui saluran pipa-pipa siluman tersebut.

“Jadi silahkan lapor kalau ada yang buang limbah lewat pipa siluman tersebut. Sertai buktinya seperti foto atau video. Nanti akan kami tindak lanjuti,” kata Dadang.(*)

Laporan : Tris

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. Kemendesa Ajak Pelaku Usaha Berinvestasi di Perbatasan
  2. Sri Mulyani : 2017 Harga BBM Naik Masih “50:50”
  3. Belum Pasti Dukung Emil, PDIP Umumkan Calon Pilgub Jabar hari ini
  4. Pesawat Hercules TNI AU Ditemukan, 13 Orang Meninggal Dunia
  5. Tenda Tempat Presiden Jokowi Sholat Jumat Dijaga Ketat Paspampres
<