Menkeu: Itjen Harus Pastikan Efektivitas dan Efisiensi Keuangan Negara

0
428

MediaGaruda.Co.Id – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menekankan bahwa tugas utama Kemenkeu bukan hanya menjaga keuangan negara, tetapi juga memastikan efektivitas dan efisiensi penggunaannya.

“Kita tidak hanya sekedar menjaga (keuangan) dengan integrity, tapi make sure bahwa kita itu efektif dan memberi solusi,” jelasnya dalam sambutan Rapat Kerja (Raker) Pimpinan Inspektorat Jenderal (Itjen) di Jakarta.

Menkeu menambahkan, sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), Itjen Kemenkeu harus benar-benar mengetahui karakteristik setiap transaksi, disamping memahami organisasinya sendiri. Pemahaman tersebut, harus memunculkan suatu ide, pemikiran, dan contoh konkret dalam mengombinasikan integritas, efektivitas dan solusi.

“Tentunya selain menangani organisasi, kemenkeu juga harus mengetahui karakteristik setiap transaksi,”tambahnya.

Kewenangan Kemenkeu yang besar, menurutnya, akan memunculkan godaan untuk melakukan kecurangan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, Itjen harus mampu menjalankan fungsinya dengan baik, antara lain dengan memastikan terjaganya kepatuhan seluruh jajaran Kemenkeu serta mencegah berbagai potensi penyimpangan yang mungkin timbul.

“Itjen adalah tangan kanan dari Menteri Keuangan untuk bisa menjalankan, melihat potensi, dan menjaga compliance. Itu tugas yang luar biasa prestisius dan berat,” ungkapnya.

“Tolong betul-betul membantu organisasi untuk bisa menjalankan tugasnya dengan baik, di dalam konteks yang makin challenging, dan tetap terus berfokus, bahwa tahun depan, bulan depan, minggu depan, besok pagi we have to be better than today,” pungkasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here