Sepertiga Pasukan TNI selalu Siaga Setiap Hari jaga Keamanan Nasional

MediaGaruda.Co.Id – Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Brigjen TNI Wuryanto mengatakan sepertiga pasukan dari semua satuan TNI selalu siap siaga setiap hari di seluruh wilayah Indonesia.

“Semua satuan tiap hari itu ada sepertiga kekuatan pasti standby (siaga),” kata Wuryanto di Jakarta Timur, Selasa (1/11).

Dia mengatakan TNI tidak siaga hanya untuk satu recana seperti unjuk rasa 4 November 2016 karena sepertiga kekuatan TNI selalu siaga menjaga keamanan nasional.

“Ada sepertiga kekuatan itu kan selalu standby (siaga) selalu setiap hari bukan hanya dalam menghadapi kegiatan ini,” tuturnya.

Dia menuturkan TNI mempercayakan sepenuhnya kepada Polri untuk mengantisipasi demonstrasi itu.

“TNI mempercayakan sepenuhnya kepada Polri, pasti Polri sangat profesional, mereka pasti sudah melaksanakan kegiatannya sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku,” ujarnya.

Kapuspen TNI menuturkan TNI dan Polri berkoordinasi menjaga keamanan negara. “Selama TNI, Polri kompak sama-sama terus saya kira tidak adalah yang upayanya akan dibentur-benturkan,” kata dia.

Dia mencontohkan sebuah batalyon berkekuatan 746 orang sehingga sepertiga yang siaga adalah 200-an orang.

“Pasti satu kompi standby (siaga), satu kompi masing-masing kompi pasti satu pletonnya standby (siaga), sepertiga kekuatan satuan pasti siaga, itu kan ketentuan,” ujar dia.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPD Front Pembela Islam (FPI) DKI Jakarta Novel Bamukmin mengatakan rencana demonstrasi ormas Islam pada 4 November 2016 akan melibatkan ormas dari luar Jakarta. Mereka berencana menuntut Gubernur Petahana DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama diproses hukum atas apa yang mereka sebuat dugaan penistaan agama.(*)

ANTARA

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. Mendikbud Minta Guru Hindari Polemik Full Day School
  2. Benarkah, Essien dan Cole Terancam Dideportasi
  3. Kapolri Akan Lakukan Pendekatan Siber untuk Upaya Lawan Terorisme
  4. SIM Online Polres Jembrana Banyak diminati
  5. Qatar Mencela Daftar “Terorisme” Arab Saudi dan Sekutunya
<