Begitu Padam Api Kualdron Peparnas XV, Seisi Stadion Siliwangi Lantunkan Bagimu Negeri

MediaGaruda.Co.Id – Upacara Penutupan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XV 2016 akan digelar Senin 24 Oktober mendatang, di Stadion Siliwangi Bandung akan dibuat secara khidmat. PB Peparnas XV akan mengusung tema Indah Damai Cinta Negeriku pada upacara penutupan itu.

“Klise banget sebetulnya, tapi melalui Peparnas ini ingin mengkhidkmati tema itu sungguh sungguh,” ujar Sutradara Upacara Penutupan, Aat Soeratin, di Media Center Peparnas XV 2016, Hotel Ibis, Jalan Gatot Subroto Bandung, Sabtu (21/10).

Aat mengatakan, serangkaian acara sudah disiapkan secara matang, baik proses pemadaman Api Cualdron Peparnas XV maupun sajian lagu dan kesenian.

Pada penutupan yang akan berlangsung selama 90 menit ini, akan mengingatkan masyarakat non berkebutuhan khusus tentang arti kebersamaan dan kesetaraan.

“Perispannya sudah 99 persen, nanti gladi bersih 100 persen,” ujar Aat.

Dijelaskan, lagu berjudul ‘Indah Damai’ dari musisi Zaki, dan ‘Cinta Negeriku’ gubahan Chrisye, akan dibawakan oleh paduan suara para siswa SMA yang dikolaborasikan dengan para siswa disabilitas.

“Nanti setelah api padam, nyambung dengan lagu Bagimu Negeri yang dinyanyikan secara bersamaan semua yang hadir di stadion,” papar Aat.

Menurutnya, akan ada nilai manfaat dari kolaborasi olahraga dengan kesenian pada upacara penutupan itu. Jika dimaknai, olahraga tujuannya untuk membangun sportivitas dan kesenian untuk mengolah rasa.

“Intinya untuk mempersatukan. Kita belajar banyak di Peparnas, kesungguhan teman-teman disabilitas tentang keikhlasan melaksanakan tugas di tengah keterbatasan,” papar Aat.

Pada upacara penutupan tersebut akan dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. Sebelum upacara, Mempora direncanakan akan meninjau pertandingan tiga cabor di hari terakhir Peparnas pada Minggu (23/10).

Penulis: Atep Kurniawan

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. Alasan Keselamatan, Polda Metro Larang Warga Pawai Saat Malam Takbiran
  2. Kimia Farma Bakal Kembangkan Model Bisnis Apotek Online
  3. Pj.Walikota Ajak Warga Bebaskan Bekasi Dari Miras Oplosan
  4. Kata Gubernur Aher Pendapatan Jabar Surplus dan Tertinggi di Indonesia
  5. Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Doni Monardo, Beri Penghargaan Pada Media
<