[Video] Para Relawan Bersihkan Sampah dari Tanaman Mangrove

MediaGaruda.Co.Id– Bertumpuknya sampah di pantai utara (pantura) Kabupaten Cirebon kini semakin mengkhawatirkan, apalagi, pepohonan yang mampu menahan gerusan ombak seperti mangrove banyak yang mati akibat limbah padat seperti buangan sampah rumah tangga.

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pang Laot Cirebon Teuku Fachrudin mengatakan, sungai yang berada di sekitaran Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon sudah tercemar dengan sampah. Dan dirinya menilai belum jadi perhatian penuh dari pemerintah daerah khususnya Pemerintah Cirebon.

“Sungai yang terdapat pada daerah Tangkeo, Pekik, Condong dan Bondet ini pencemaran sampahnya sudah sangat parah. Sehingga tidak heran jika limbah buangan rumah tangga ini berdampak pada tanaman mangrove yang ada di Kec. Gunung Jati,” kata Fachrudin, Kamis (6/10).

Menurutnya, warga yang bermukim disepanjang aliran sungai masih banyak membuang sampah ke aliran sungai tersebut.

” Mereka (warga Cirebon) enak aja buang sampah di sungai,” terangnya

Untuk diketahui, hampir ratusan ribu batang mangrove mengalami mati di pesisir utara Kabupaten Cirebon. Meski para relawan Pang Laot dibantu mahasiswa yang tergabung dalam Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) ikut membersihkan mangrove dari sampah, tapi persoalan sampah sampai saat ini belum ada jalan keluarnya alias buntu.

“Saya berharap agar pemerintah Cirebon bisa tanggap agar kelestarian hutan mangrove bisa diturunkan kepada anak cucu kita nantinya,” harap Fachrudin

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. BKKBN Gelar Sosialisasi KB Di Karawang
  2. Menag : Umrah Lebih Dari Satu Kali Dikenakan Biaya Visa
  3. Penyerapan Bagus, Menkeu Perkirakan Penerimaan APBN-P 2016 Kurang Rp219 Triliun
  4. Terbaik dalam Lima Tahun Terakhir, Ekspor Nonmigas Januari-Mei 2017 Tumbuh 20,1%
  5. RUU Jasa Konstruksi Resmi Disahkan Menjadi Undang-Undang
<