Kemenkumham Kerepotan Urus Izin Tempat Tinggal WNA

MediaGaruda.Co.Id – Pemberian izin tinggal dan pengawasan orang asing rupanya membuat Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kemenkumham kerepotan terkait adanya pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Sehingga mengharuskan instansi ini berupaya keras meningkatkan kinerja terkait pemberian izin tinggal dan pengawasan orang asing yang memilih Indonesia sebagai tempat mereka berjualan.

“MEA berimbas pada fasilitasi bebas visa kunjungan bagi turis mancanegara untuk kegiatan wisata, sehingga intensitas lalu lintas orang antar negara di Indonesia mengalami peningkatan,” ungkap Kabiro Humas, Hukum dan Kerjasama Kemenkumham, Efendi B Parangin Angin kepada wartawan, Rabu (5/10).

Menurut Efendi, Presiden Jokowi mengintruksikan kepada para pembantunya unutk meningkatkan target bagi asing untuk datang ke Indonesia. ‪”Hal ini sejalan dengan instruksi Presiden Jokowi yang mentargetkan Indonesia mencapai peringkat 40 dalam kemudahan berusaha pada 2017,”tukasnya.

Sebagai informasi, peringkat Indonesia tahun 2015 tak lebih dari nilai 109. Ini sangat jauh dari harapan, terlebih bila dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.‬

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. Sanksi untuk Aris Budiman Tunggu Rekomendasi dari Pimpinan KPK
  2. Dianggap Bisa Multitafsir, Mensesneg Keberatan Putusan KIP Soal TP Munir
  3. Jokowi: Peran ASEAN Kunci Terwujudnya Jalur Sutra Baru
  4. Vokalis Linkin Park, Chester Bennington Bunuh diri di Hari Ultah Temannya
  5. DPR Akan Kirim Surat ke Presiden Terkait Kasus Ahok
<