Pembukaan PON Batal di Stadion Si Jalak Harupat, Anggarannya Dipertanyakan

MediaGaruda.Co.Id – Batalnya acara pembukaan dan penutupan Pekan Olahraga Nasional di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung menyisakan pertanyaan terkait penganggaran yang telah direncanakan. DPRD Kabupaten Bandung mempertanyakan serapan anggaran tersebut.

Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Bandung, Praniko Imam Sagita mengatakan, pembatalan penggunaan stadion itu telah diketahui sekitar dua bulan sebelum hari pelaksanaan. Seharusnya Pemkab Bandung segera mengambil sikap agar sisa uang yang tidak terserap ini bisa kembali ke kas daerah sebagai Silpa.

“Dengan dibatalkannya pembukaan dan pentutupan ini, tentu berimbas pada penurunan biaya. Nah kami akan mempertanyakan serapan anggarannya seperti apa,” kata Praniko, Selasa (27/9).

Seharusnya, lanjut dia, dialihkannya pembukaan PON ke GBLA Kota Bandung, dan bisa menghemat anggaran yang sebelumnya telah disediakan, seperti untuk biaya pengamanan.

“Karena batal di tempat ini, tentu dana yang dikeluarkan pun tidak sebesar dari yang direncanakan awal,” katanya.

Begitu juga untuk biaya lainnya, seperti penyelenggaraan pameran UMKM, penambahan fasilitas pendukung seperti taman, sosialisasi, dan promosi.

Akibat perencanaan yang terlalu dipaksakan, lanjut dia, salah satunya terlihat dari pelaksanaan pameran produk-produk UMKM karena sebelumnya diperkirakan Stadion Si Jalak Harupat akan didatangi puluhan ribu orang.

“Tapi karena dipaksakan tetap digelar pameran, dan ternyata sepi pengunjung,” ucap dia.

Akhirnya para pelaku UMKM sendiri yang kerepotan karena peserta pameran tetap harus mengeluarkan biaya produksi hingga operasional sehari-hari selama dua pekan.

“Tapi karena eventnya sepi pengunjung, jangankan untung, malah banyak pelaku UMKM dan pedagang lainnya yang pergi meninggalkan stand-stand mereka,”katanya.*

Media Garuda | Tajam, Inspiratif & Terpercaya

Add Friend

Ayo Komentar

Artikel Lainnya :

  1. Indonesia Sikapi Dampak Perubahan Iklim demi Swasembada Pangan
  2. 12 Negara Berguru ke Indonesia Soal Perikanan Selama 8 Hari
  3. Peparnas XV Resmi Dibuka Menpora Imam Nachrawi
  4. Hoax Berbahaya Buat Masyarakat Di Daerah
  5. Batas Bea Masuk Barang Pribadi Dari Luar Negeri Kini Naik Jadi 500 Dollar AS
<